Perindo Sulsel Klaim Kunci Satu Kursi di Makassar A, Kalfin Menuju Parlemen

Tim Sindomakassar
Senin, 19 Feb 2024 19:12
Perindo Sulsel Klaim Kunci Satu Kursi di Makassar A, Kalfin Menuju Parlemen
Kader Perindo, Askar (kiri) dan Kalfin (kanan). Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Ketua Bappilu Perindo Sulsel, Muhammad Askar mengklaim partainya mengunci satu kursi di DPRD Makassar A. Ialah Kalfin Allotodang yang keluar sebagai pemenang di internal partai ini.

Pernyataan ini sekaligus untuk melawan rilis daftar 85 anggota DPRD Sulsel terpilih belakangan ini. Askar bilang, nama-nama tersebut hanya berdasarkan QC Sirekap KPU yang sampai detik ini baru mencapai 41%.

"Kami memiliki data internal yang sampai detik terkumpul kurang lebih 57% hasil hitung tim IT kami dan khusus Dapil Makassar A kami sudah berada posisi angka 9 ribuan," kata Askar saat ditemui di Hotel Myko, Makassar pada Senin (19/02/2024).

Pada data internal Perindo, Kalfin telah mengumpulkan 6 ribuan suara, sementara Caleg lainnya memiliki 3 ribuan suara.

Askar menuturkan, sementara Caleg lain yang disebutkan hanya pada kisaran 4.100-an sudah diklaim menempati kursi ke-8 dan kursi ke-9. Padahal dalam hitungan internal Perindo, Kalfin Alloto'dang nomor urut 1 lebih berpeluang karena sampai saat ini data rekapitulasi internal lebih besar capaiannya dari caleg-caleg yang disebutkan.

"Secara kelembagaan kami membantah rilis yang beredar luas di masyarakat tersebut. Kami ingin menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan agar dapat bersabar menunggu hitungan manual KPU sampai pada tingkat Sulawesi Selatan berdasarkan undang undang," ujarnya.

Caleg Perindo Makassar A nomor urut 4, Stepanus Suwardi Hiong juga heran melihat hitung cepat KPU yang tidak ekivalen dengan data-data hasil pemilu yang dimiliki partainya. Dia bahkan menyoroti secara tajam macetnya IT sistem hitungan KPU.

"Ini ada apa? Kenapa tiba-tiba stop dan ditunda, ini indikasi buruk bagi demokrasi yang sehat sebagaimana asas pemilu Luber dan Jurdil," ungkap Suwardi.

"Harusnya KPU menyiapkan IT perhitungan yang kapasitasnya memadai dan benar-benar real time serta akurat sebagaimana pertanggungjawaban KPU kepada publik yang telah mengelola anggaran negara yang sangat besar," kunci Suwardi.

Ketua Tim Pemenangan Kalfin Alloto'dang, Markus Bara menambahkan ia juga sangat meyakini 100% bahwa caleg jagoannya akan terpilih. Hal ini berdasarkan hasil survei berbagai lembaga dan profesionalitas tim internal yang sudah bekerja hampir setahun lamanya.

"Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat dan seluruh tim agar dapat menjaga ketenangan untuk menunggu hasil perhitungan yang sebenarnya dari KPU," tutup Bara.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru