Harga Cabai Merah Makin 'Pedas'! Tembus Rp70 Ribu per Kg jelang Ramadan

Najmi S Limonu
Selasa, 27 Feb 2024 19:20
Harga Cabai Merah Makin 'Pedas'! Tembus Rp70 Ribu per Kg jelang Ramadan
Menjelang bulan Ramadan, sejumlah komoditas bahan pangan di Pasar Tramo Butta Salewangang Maros mengalami lonjakan harga. Foto/Najmi S Limoni
Comment
Share
MAROS - Menjelang bulan Ramadan, sejumlah komoditas bahan pangan di Pasar Tramo Butta Salewangang Maros mengalami lonjakan harga. Kenaikan paling terasa pada komoditi cabai besar alias cabai merah.

Salah seorang pedagang di pasar Tramo, Jalil mengatakan, saat ini harga cabai besar tembus Rp70 ribu per kilogram. "Padahal, sebelumnya hanya dijual Rp40 ribu perkilonya," ujarnya, Selasa (27/2/2024).

Tak hanya cabai besar, cabai keriting pun juga mengalami lonjakan. Dari yang sebelumnya hanya Rp30 ribu, sekarang sudah Rp50 ribu perkilogram.

"Boleh dikatakan, rata-rata kebutuhan masakan mengalami kenaikan itu sekitar 20 persen," ujarnya.

Dia menuturkan, kenaikan ini dipicu akibat sulitnya mendapatkan stok dari distributor. Biasanya dia mendapatkan 10 sampai 20 kantong. "Distribusi memang kurang, dari bisanya bisa dapat 10-20 kantong besar perhari, kini sisa 5 kantong saja," ujarnya.

Jalil pun mengaku banyak pembeli yang mengeluh tingginya harga ini. Meski begitu, konsumen sendiri tidak bisa berbuat banyak dan tetap membeli walau dalam jumlah sedikit.

"Karena dulu kalau beli Rp5 ribu sudah dapat banyak, sekarang itu sudah tidak bisa beli Rp5 ribuan. Tapi mereka tetap beli, cuma tidak terlalu banyak lagi," terangnya.

Tak hanya cabai-cabaian, harga telur juga merangkak naik dalam seminggu terakhir

Pedagang, Muhlis menyebutkan telur ras biasanya hanya dijual Rp45 ribu perak. Namun kini, harganya mencapai Rp60 ribu perak. "Telur bebek dari Rp60 perrak, sekarang Rp75 ribu," imbuhnya.

Sementara itu harga beras tetap stagnan diangka Rp15 ribu perkilogram untuk kualitas medium dan Rp16 ribu perkilogram untuk kualitas premium. Padahal pada akhir tahun lalu, harganya harnya di kisaran Rp12-13 ribu perkilogram.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru