Bupati Sidrap Terima Penghargaan Piala Adipura dari Menteri LHK

Andi Mappanyukki
Selasa, 28 Feb 2023 19:25
Bupati Sidrap Terima Penghargaan Piala Adipura dari Menteri LHK
Bupati Sidrap, Dollah Mando bersama sejumlah jajaran Pemkab Sidrap usai menerima Piala Adipura 2022. Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Bupati Sidrap, Dollah Mando menerima penghargaan Piala Adipura 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN), Selasa (28/2/2023).

Piala diserahkan Menteri LHK, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. Disaksikan Dirjen PSLB3, Roda Vivien Ratnawati, Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Sarwono Kusuma Atmaja serta sejumlah kepala daerah yang turut menerima penghargaan ini.

Usai menerima penghargaan tersebut, Dollah Mando menyampaikan rasa syukur atas raihan Piala Adipura itu. Prestasi itu kata dia, dicapai berkat kerja keras dari OPD Pemkab Sidrap terkait, serta dukungan segenap elemen masyarakat.

Baca juga: BI Sulsel Gandeng Bapenda Edukasi Pelajar Sidrap Soal QRIS dan Cinta Rupiah

“Terima kasih atas kerja sama dan partisipasi seluruh pihak, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan," ucap Dollah didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal, Kadis Lingkungan Hidup Sidrap, Andi Faisal Ranggong, dan beberapa kepala OPD terkait.

Menteri LHK, Siti Nurbaya menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha menyempurnakan program Adipura dengan mendorong kabupaten/kota mencapai target penanganan sampah 100 persen di 2025 mendatang.

"Pada penilaian Adipura kali ini kami juga memasukkan dan mendukung pencapaian target nasional 20 ribu kampung iklim di 2024," terangnya.

Baca juga: Masyarakat dan Pejabat Pemkab Sidrap Antusias Ikut Donor Darah IDI

Kata Siti, Piala Adipura ini tidak mudah untuk diraih. Ia menyebutkan ada berbagai kategori penghargaan, selain Piala Adipura, sertifikat dan juga penghargaan tertinggi yakni Adipura Kencana.

"Adipura ini nilainya sangat mendasar. Ada agenda relokasi sistem pada ajang ini sekaligus Adipura sebagai koridor pembangunan daerah," tuturnya.

Sekadar diketahui, pada tahun 2019 lalu, Kabupaten Sidrap juga menerima Piala Adipura kategori Kota Kecil, kala itu diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tahun 2023 ini, Kabupaten Sidrap kembali meraih Piala Adipura 2022 kategori Kota Kecil.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru