Kota Palopo Raih Adipura ke-9 Kali

Chaeruddin
Selasa, 05 Mar 2024 18:18
Kota Palopo Raih Adipura ke-9 Kali
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menerima Piala Adipura untuk Kota Palopo yang ke-9 kalinya. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Kota Palopo berhasil meraih Piala Adipura untuk yang ke-9 kalinya dari Kementrian Lingkungan Hidup RI pada Selasa, (05/03/2024).

Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani menerima langsung penghargaan tersebut yang diserahkan pemerintah pusat, dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar.

Menteri Siti Nurbaya menyampaikan, program Adipura merupakan instrumen kebijakan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986.

"Kita berharap penghargaan ini menjadi instrumen yang efektif dalam mendorong terciptanya kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan," kata Siti Nurbaya.

Ia berharap, melalui Adipura ini akan tercipta kota-kota yang teduh dan berkelanjutan melalui penyediaan ruang terbuka hijau untuk publik.

"RTH posisinya sangat penting untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, keseimbangan sistem hidrologi, maupun sistem ekologis lainnya," jelasnya.

"Sehingga dapat menciptakan kota yang sehat, nyaman, meningkatkan ketersediaan air dan udara bersih, serta dapat meningkatkan estetika kota," tambahnya.

Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyambut baik upaya mewujudkan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

"Penyempurnaan program Adipura ini, meningkatkan peran pemerintah daerah hingga peran serta masyarakat secara luas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ungkapnya.

Usai menerima penghargaan Adipura, Asrul Sani, mengutarakan kebanggaannya atas raihan piala Adipura kali ini. "Secara pribadi saya ucapkan selamat kepada semua masyarakat Kota Palopo atas capaian ini," tutur Asrul.

Asrul menambahkan, capaian Adipura yang kesembilan kalinya ini bukanlah hal yang mudah dan harus terus dipertahankan. "Ini menjadi harapan kita semua, mempertahankan prestasi ini. Kita harus menjaga lingkungan kota, dan kebersihan kota ini," jelasnya.

Dari 514 di Indonesia, ada 259 kabupaten/kota yang mendapatkan nilai 50,03% dan 168 kota dan kabupaten yang meraih penghargaan Adipura 2023. Rincian peraih sebagai berikut, Adipura Kencana untuk 5 kota dan kabupaten, Piala Adipura untuk 106 kota dan kabupaten, Plakat Adipura untuk 6 kota dan kabupaten serta Sertifikat Adipura untuk 51 kota dan kabupaten.

Total sebanyak 168 kabupaten/kota penerima penghargaan Adipura 2023.

(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru