Kabupaten Lutim Raih Penghargaan Adipura 2022 Kategori Kota Kecil

Tim Sindomakassar
Rabu, 01 Mar 2023 13:39
Kabupaten Lutim Raih Penghargaan Adipura 2022 Kategori Kota Kecil
Kabupaten Luwu Timur (Lutim) di bawah kepemimpinan Bupati Budiman berhasil meraih penghargaan Adipura dengan kategori Kota Kecil. Foto/Dok Pemkab Lutim
Comment
Share
LUWU TIMUR - Kabupaten Luwu Timur (Lutim) di bawah kepemimpinan Bupati Budiman berhasil meraih penghargaan Adipura dengan kategori Kota Kecil. Penghargaan ini sangat dinantikan karena terakhir kali diraih pada 2018.

Penyerahan Piala Adipura untuk Kota Malili Kabupaten Lutim dilakukan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, pada Selasa (28/02/2023). Piala diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, kepada Bupati Lutim, Budiman.



Program Adipura adalah salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan, dan penghijauan. Sasarannya adalah pelibatan aktif masyarakat dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan lingkungan sebagai kunci perubahan perilaku, terpasangnya sistem pengelolaan sampah, dan pemenuhan ruang terbuka hijau.

Keberhasilan Lutim meraih Adipura tak terlepas dari kepemimpinan Bupati Budiman yang mampu membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) tanpa menggunakan APBD. Dia mengajak dunia usaha untuk membangun Bundaran Batara Guru (PT. Vale), membangun Sport Center (PT. CLM), dan menata Lapangan Soekarno Hatta (Bank Sulselbar).

Setelah menerima penghargaan, Bupati Budiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lutim, khususnya warga Kota Malili yang mewakili pemerintah daerah. Ia juga berterima kasih atas kolaborasi dan partisipasi organisasi perangkat daerah, pegiat dan pemerhati lingkungan, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, pemuda, dan organisasi lainnya.

"Ucapan terima kasih juga buat para petugas kebersihan yang telah berkontribusi besar menjaga dan merawat kebersihan lingkungan. Kepedulian dan upaya kita dalam kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan harus dilanjutkan di masa mendatang. Alhamdulillah, piala atau anugerah Adipura ini dapat kembali kita raih, yang merupakan prestasi ketujuh kalinya bagi Luwu Timur, khususnya Kota Malili," kata dia.



Penghargaan Adipura 2022 dihadiri oleh 150 kabupaten/kota yang menerima penghargaan Adipura untuk berbagai kategori, termasuk Kabupaten Lutim.

Bupati Budiman menerima Piala Adipura didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Makkaraka, beserta jajarannya dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Rupidin.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru