Pemkab Pangkep Segera Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Badauni AP
Senin, 25 Mar 2024 19:13
Pemkab Pangkep Segera Terapkan Tanda Tangan Elektronik
Sosialisasi penerapan tanda tangan elektronik dan Aplikasi Srikandi di rumah jabatan Bupati Pangkep. Foto: SINDO Makassar/Badauni AP
Comment
Share
PANGKEP - Tanda tangan elektronik segera diterapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep. Tahap awal, inovasi ini akan digunakan untuk kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Hal itu diketahui saat pelaksanaan Sosialisasi Penerapan Tanda Tangan Elektronik dan Aplikasi Srikandi di rumah jabatan Bupati Pangkep, Senin (25/3/2024).

Hadir dalam sosialisasi itu Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) dan kepala OPD. Bupati Yusran Lalogau dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya tanda tangan elektronik ini, akan memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat.

"Penerapan tanda tangan elektronik diharapkan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," harap Yusran.



Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Pangkep Irawan menjelaskan, sesuai arahan pimpinan tahap awal penerapan tanda tangan elektronik untuk kepala OPD.

Sekalipun saat ini Puskesmas Minasatene telah menerapkan tanda tangan elektronik sebagai percontohan kawasan Indonesia timur. Target ke depan, penerapan tanda tangan elektronik diharapkan hingga tingga kepala kelurahan dan kepala desa.

"Tapi arahan Pak Bupati, kepala dinas saja dulu. Ke depan sampai ke staf tapi kita lihat dulu kepentingannya, takutnya disalahgunakan," jelasnya.

Tanda tangan elektronik memuat informasi pribadi pemilik tandatangan. Meski berganti jabatan, otomatis sistem Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) terkoneksi dengan BKPSDM.



"Melekat di pribadi, tapi setiap dua tahun diperbarui," tambahnya.

Diharapkan, tanda tangan elektronik segera diterapkan agar pelayanan dasar masyarakat lebih cepat.

"Jadi sudah tidak ada lagi surat yang menumpuk, dengan tanda tangan elektronik sejam dua jam bisa selesai, khususnya persuratan, " katanya lagi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru