Pemkab & Kejari Morowali Dukung Rencana Pembangunan PSN SUTET 275kV Wotu-Bungku

Tri Yari Kurniawan
Senin, 01 Apr 2024 14:13
Pemkab & Kejari Morowali Dukung Rencana Pembangunan PSN SUTET 275kV Wotu-Bungku
PT PLN UKIP Sulawesi melakukan sosialisasi rencana pembangunan PSN jaringan transmisi SUTET 275 Kilovolt (kV) dari Gardu Induk Ekstra Tinggi (GITET) 275kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MOROWALI - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) melakukan sosialisasi rencana pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 Kilovolt (kV) dari Gardu Induk Ekstra Tinggi (GITET) 275kV Wotu ke GITET 275 kV Bungku. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Jumat (22/03) pekan lalu.

Sosialisasi rencana pembangunan ini ditujukan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Morowali yang dihadiri oleh Asisten II Bidang Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan SDA, Abd. Muttaqin Sonaru, dan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Morowali, Mugyadi, berserta jajaran.

Assistant Manager Perizinan dan Umum PLN UPP Sulawesi Selatan, Udiyar Obet, menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian dari pekerjaan pra konstruksi yang nantinya akan dilanjutkan dengan inventarisasi tanah, tanaman dan bangunan.

"Saat ini pekerjaan pembangunan SUTET 275 kV Wotu - Bungku yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang ada di Sulawesi, sudah memasuki tahapan pra-konstruksi," katanya.

Ia berharap bantuan dan sinergi dari Kejaksaan Negeri dan Pemerintah Kabupaten Morowali untuk menyukseskan proyek yang nantinya akan menjadi tulang punggung (backbone) sistem kelistrikan yang menghubungkan Provinsi Sulsel dan Sulteng.

"Selanjutnya kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan industri yang dilewati oleh jaringan secara bertahap serta melanjutkan proses pengadaan lahan, sehingga pendampingan Kejaksaan dan Pemerintah Setempat sangat kami butuhkan," pungkas Obet.

Kasi Datun Kejaksaan Negeri Morowali, Mugyadi, pada kesempatan itu mengapresiasi langkah PLN karena telah melaksanakan sosialisasi rencana pembangunan SUTET 275kV Wotu - Bungku yang merupakan PSN dalam wilayah kerjanya.

"Kejaksaan Negeri Morowali akan mendukung PLN dalam pembangunan PSN dalam hal pendampingan hukum, hal ini juga merupakan bentuk pencegahan terhadap hal-hal yang nantinya dapat merugikan negara," ungkap Mugyadi.

Asisten II Bidang Administrasi, Ekonomi, Pembangunan dan SDA, Abd. Muttaqin Sonaru, menambahkan pemerintah daerah siap membantu kebutuhan PLN dalam menyelesaikan pekerjaan.

"Nantinya dengan selesainya pekerjaan ini kesediaan listrik di Kabupaten Morowali akan meningkat sehingga dapat menjadi daya tarik investor untuk membangun kawasan industri di Morowali yang akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah," tutup Muttaqin.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru