Pesona Luwu Utara dalam Event Wonderful Rongkong Mengundang Semangat Pariwisata

fitra budin
Senin, 22 Apr 2024 15:41
Pesona Luwu Utara dalam Event Wonderful Rongkong Mengundang Semangat Pariwisata
Event tahunan pariwisata yang berjudul Wonderful Rongkong resmi dibuka oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Lapangan Desa Limbong, Kecamatan Rongkong. Foto: Humas Pemkab Lutra
Comment
Share
LUWU UTARA - Event tahunan pariwisata yang berjudul Wonderful Rongkong resmi dibuka oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Lapangan Desa Limbong, Kecamatan Rongkong.

Acara pariwisata yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara ini dihadiri berbagai tokoh dan pejabat dari lingkup Pemerintah Daerah Luwu Utara serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Indah menyebutkan kegiatan Pesona Luwu Utara Wonderful Rongkong merupakan sebuah event pariwisata yang menyatukan berbagai elemen.

"Momen Wonderful Rongkong ini adalah kedua kalinya kami menyelenggarakannya setelah tahun 2021, dan merupakan kali keempat dari kegiatan Pesona Luwu Utara," ungkapnya.

"Acara ini diikuti oleh para pecinta bersepeda serta penggemar olahraga paralayang. Minat dan hobi yang sama ini mempersatukan kita semua di tempat ini," tambah Indah.



Bupati yang telah menjabat dua periode ini juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkomitmen untuk menjadwalkan secara rutin acara Pesona Luwu Utara.

"Kami mengapresiasi upaya dari seluruh pihak, termasuk para tamu yang telah berkenan menyempatkan diri hadir di tempat ini untuk mendukung acara Pesona Luwu Utara," kata Indah.

Dia menjelaskan pemilihan Rongkong sebagai salah satu lokasi acara Pesona Luwu Utara bukan tanpa alasan. Menurutnya, Rongkong memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik.

"Rongkong memiliki kekayaan seni dan budaya, keindahan alam yang menakjubkan, serta warisan budaya dan tradisi yang merupakan tanggung jawab bersama kita untuk dilestarikan," jelasnya.

Meskipun mengakui bahwa Kecamatan Rongkong juga memiliki berbagai keterbatasan seperti akses dan sarana pendukung yang masih terbatas dan perlu pengembangan lebih lanjut, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat untuk hadir di tempat ini.

"Saya berharap kepada seluruh tamu yang hadir di sini dapat merasakan keramahan masyarakat Luwu Utara, khususnya masyarakat Kecamatan Rongkong," harapnya.

Ketua Panitia acara Pesona Luwu Utara bertajuk Wonderful Rongkong, Hamrullah Dhuha Saymar menjelaskan bahwa acara ini dirancang dengan berbagai kegiatan menarik.

Kegiatan yang dimaksud, antara lain, adalah Festival Paralayang, Mountain Bike, Lomba Tari Pajjaga, dan Pagelaran Tari Kolosal.



Ia juga menegaskan tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kecamatan Rongkong serta menghidupkan kembali nilai-nilai seni budaya Tana Luwu.

"Selain sebagai tempat wisata dan budaya, kita juga ingin memperkenalkan Rongkong sebagai surga bagi wisata olahraga, seperti paralayang dan sepeda gunung," tambahnya.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara ini, termasuk KONI, ISSI, Bank Sulselbar, PT Vale, Anggota DPR Muhammad Fauzi, PDAM Tirta BukaE, Griya Batik Rongkong, Dunia Sepeda, Polygon, dan pihak lainnya.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 20 hingga 22 April 2024. Hadir dalam acara pembukaan ini adalah Penjabat Sekretaris Daerah Luwu Utara, Baharuddin Nurdin; Ketua DPRD Luwu Utara, Basir; perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan; serta Ketua Paralayang Indonesia, Asgaf Umar.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru