PPG UIN Alauddin Tingkatkan Kualitas Dosen Melalui Workshop Supervisi Klinis

Luqman Zainuddin
Senin, 03 Jun 2024 11:15
PPG UIN Alauddin Tingkatkan Kualitas Dosen Melalui Workshop Supervisi Klinis
Peserta Workshop Supervisi Klinis PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Foto: Istimewa
Comment
Share
GOWA - Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop Supervisi Klinis di gedung PPG Kampus 3 Madani Pao-pao, Sabtu 1 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri para dosen FTK UIN Alauddin Makassar yang tergabung dalam dosen bidang studi (DBS) PPG. Workshop ini menghadirkan Dr Hj St Syamsudduha M Pd sebagai narasumber utama.

Ketua Prodi PPG Dr Usman M Pd I dalam sambutannya mengapresiasi para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini.



"Karena workshop ini merupakan refreshing menghadapi PPG tahun 2024 sebagai salah satu bentuk jaminan mutu," katanya.

Dekan FTK UIN Alauddin Makassar Dr H Andi Achruh dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pengisian borang akreditasi PPG.

"Selain itu juga sebagai salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh dosen dalam melakukan penilaian pembelajaran," jelas Dekan.

Baca juga: Rektor UIN Alauddin Sanjung Pj Gubernur, Lalu Singgung Soal Beasiswa

Segala program yang terkait dengan akreditasi di prodi lingkup Tarbiyah terang dia, senantiasa didukung penuh oleh pimpinan fakultas.

"Karena kegiatan ini merupakan perpanjangan tangan dari visi dan misi universitas. Supervisi klinis ini sebagai metode efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran," paparnya.

Sementara itu, Dr Hj St Syamsudduha dalam pemaparannya menjelaskan bahwa supervisi klinis melibatkan metode pengamatan pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan, analisis data, tindak lanjut dan pelaporan.



"Metode ini sangat penting dalam membantu dosen untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengajaran," tuturnya.

Lebih lanjut, peserta diajak berdiskusi tentang pemetaan masalah, mengulas aspek pembelajaran, kegiatan tindak lanjut serta bentuk dukungan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru