Wakili Sulsel, Desa Panaikang Segera Jalani Penilaian Lomba Desa Tingkat Regional

Tim Sindomakassar
Rabu, 17 Jul 2024 14:35
Wakili Sulsel, Desa Panaikang Segera Jalani Penilaian Lomba Desa Tingkat Regional
Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai kembali akan bersiap-siap untuk menghadapi Lomba Desa Tingkat Regional. Foto: Pemkab Sinjai
Comment
Share
SINJAI - Setelah dinobatkan sebagai juara pertama pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai kembali akan bersiap-siap untuk menghadapi Lomba Desa Tingkat Regional.

Kepala Dinas PMD Sinjai, Yuhadi Samad mengutarakan Sulsel masuk di wilayah Regional III yang meliputi wilayah Sulawesi – Kalimantan.

Sehingga, Desa Panaikang yang mewakili Sulsel di ajang Lomba Desa Tingkat Regional tahun ini akan bersaing dengan beberapa provinsi di Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Untuk menghadapi penilaian lomba desa, Yuhadi menjelaskan bahwa Desa Panaikang terlebih dahulu akan menjalani verifikasi dokumen.



Yuhadi bilang, kelengkapan dokumen yang menjadi aspek penilaian awal harus dimaksimalkan. Sebab desa yang akan menjalani verifikasi lapangan secara langsung oleh tim penilai dari Pemerintah Pusat harus terlebih dahulu lolos pada penilaian verifikasi berkas/dokumen.

“Tetapi sesuai petunjuk pelaksanaan yang disampaikan mendahului kemarin sebelum lomba, itu akan diverifikasi dulu dokumen yang masuk. Hanya 5 yang akan dilakukan verifikasi lapangan, tentu yang terbaik versi dokumen. Ini akan kita maksimalkan sebagai persyaratan awal untuk bisa lolos mengikuti verifikasi lapangan,” bebernya.

Demi memaksimalkan kelengkapan dokumen yang akan dinilai, Yuhadi mengaku telah intens berkomunikasi dengan Dinas PMD Provinsi Sulsel untuk segera melakukan pembinaan di Desa Panaikang.



“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pertemuan melalui zoom sebelum mereka (Dinas PMD Sulsel – read) turun melakukan pembinaan. Yang paling utama adalah kesiapan dokumennya dulu. Ini yang perlu kita persiapkan secara matang. Oleh karena itu, Dinas PMD Provinsi Sulsel akan melakukan pembinaan, mulai dari kesiapan dokumen yang akan kita input sebagai penilaian awal untuk bisa kita mengikuti verifikasi lapangan,” jelasnya.

Sesuai arahan dari Penjabat (Pj) Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, Yuhadi mengajak seluruh komponen untuk memaksimalkan pembinaan di lapangan sehingga kesiapan dari Desa Panaikang yang mewakili Provinsi Sulsel di Lomba Desa Tingkat Regional bisa mendapat hasil terbaik.

Sementara itu terkait jadwal penilaian verifikasi dokumen, Mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa.
(UMI)
Berita Terkait
Disdik Sinjai Dorong Pemanfaatan Aplikasi AI dalam Pembelajaran
Sulsel
Disdik Sinjai Dorong Pemanfaatan Aplikasi AI dalam Pembelajaran
Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menggelar pembinaan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran.
Senin, 05 Agu 2024 13:10
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja dan Anak Putus Sekolah
Sulsel
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja dan Anak Putus Sekolah
Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui UPT BLK Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
Senin, 29 Jul 2024 12:43
Pemkab Sinjai Masifkan Program Gesit Ciptakan Lingkungan Bersih & Nyaman
Sulsel
Pemkab Sinjai Masifkan Program Gesit Ciptakan Lingkungan Bersih & Nyaman
Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman terus dilakukan. Langkah konkrit yang diambil dengan menurunkan tim satuan tugas (Satgas) Gerakan Bersih Kota (Gesit) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai.
Minggu, 28 Jul 2024 13:29
Pemkab Sinjai Gelar SCC untuk Promosikan Budaya dan Meriahkan HUT RI ke-79
Sulsel
Pemkab Sinjai Gelar SCC untuk Promosikan Budaya dan Meriahkan HUT RI ke-79
Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar Sinjai Culture Carnival (SCC) Tahun 2024. Agenda ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI, sekaligus pengembangan objek dan tradisi budaya di Panrita Kitta.
Kamis, 25 Jul 2024 14:42
Dorong Pemenuhan Hak, Pemkab Sinjai Peringati Hari Anak Nasional 2024
Sulsel
Dorong Pemenuhan Hak, Pemkab Sinjai Peringati Hari Anak Nasional 2024
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar penandatanganan deklarasi anti kekerasan anak bersama Forkopimda. Kegiatan ini dirangkaikan dengan puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2024 di halaman Eks Kantor Bupati Sinjai, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (23/07/2024).
Selasa, 23 Jul 2024 14:45
Berita Terbaru