600 Anggota BPD Dilantik, Chaidir Ingatkan Perkuat Pengawasan di Desa

Najmi S Limonu
Rabu, 17 Jul 2024 11:22
600 Anggota BPD Dilantik, Chaidir Ingatkan Perkuat Pengawasan di Desa
Suasana pelantikan anggota BPD Kabupaten Maros. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Sebanyak 600 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kembali dilantik Bupati Maros AS Chaidir Syam di Lapangan Pallantikang, Rabu (17/7/2024).

Chaidir Syam mengatakan, pelantikan anggota BPD ini dilakukan setelah mereka mendapatkan tambahan masa jabatan selama dua tahun yang mengikuti masa jabatan Kepala Desa yang bertambah.

"Perpanjangan masa jabatan BPD mengikut masa jabatan kepala desa yang juga bertambah," katanya.

Chaidir mengingatkan BPD yang dilantik untuk bekerja profesional dan memperkuat pengawasan di desa, namun harus tetap bersinergi dengan pemerintah desa.

"Supaya ada pengembangan dan perbaikan kedepannya. Karena Kepala Desa tidak bisa membangun kalau tidak ada ide dari BPD," imbuhnya.

Mantan Ketua DPRD itu menjanjikan akan menaikan tunjangan BPD. Meski begitu pihaknya harus melihat kondisi keuangan daerah.

"Tapi kita lihat dulu alokasi DAU kita, kita akan mempertimbangkan untuk kesejahateraan BPD dan perangkat di desa," tuturnya.

Sejak masa kepemimpinannya, Chaidir menyebut sudah dua kali menaikkan tunjangan BPD.

"Karena ada kenaikan tunjangan, maka sudah tentu kinerjannya juga harus ditingkatkan, supaya bisa menghasilakn PADes," tutupnya.

Chaidir menyebutkan, jumlah anggota BPD bervariasi di setiap desa. Mulai 7 hingga 9 orang. Jumlah anggota BPD disesuaikan dengan jumlah penduduk dan jumlah dusun di sebuah desa.

Sementara itu Ketua Umum ABPEDNAS Indonesia, Indra Utama mengatakan anggota BPD harus ikut serta mendukung program Bupati-Wakil Bupati.

“Harus jalan beriringan, antara kinerja BPD dan kepala desa,” tutupnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru