Kolaborasi Telin & Indosat Perkuat Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia

Tim Sindomakassar
Rabu, 04 Sep 2024 13:54
Kolaborasi Telin & Indosat Perkuat Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia
Anak usaha Telkom yakni Telin mengumumkan kerja sama dengan Indosat. Kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan Indonesia Cable Express System 2 (ICE System 2). Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Dalam ajang BATIC 2024 yang diadakan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), diumumkan kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH atau Indosat) untuk memperkuat infrastruktur telekomunikasi Indonesia. Kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan Indonesia Cable Express System 2 (ICE System 2).

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada 28 Agustus 2024 menandai langkah signifikan dalam memenuhi kebutuhan konektivitas berkualitas tinggi di berbagai wilayah di Indonesia dan sekitarnya.

CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba, mengatakan kolaborasi dengan IOH pada ICE System 2 akan menciptakan jaringan telekomunikasi yang kuat dan mendukung ekonomi digital Indonesia.

"Kami sangat antusias untuk mewujudkan proyek ini, memastikan konektivitas yang lancar dan andal bagi bisnis dan konsumen," katanya.

ICE System 2 dirancang untuk melayani kebutuhan konektivitas yang berkembang di berbagai titik pendaratan di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Manado, serta menyediakan jalur penting menuju Singapura.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi Indonesia dengan cara yang signifikan, serta memperbaiki kualitas dan efisiensi konektivitas di lokasi-lokasi utama.

Kemitraan ini juga akan memperluas infrastruktur melalui penghubungan Points of Presence (PoP) milik Indosat dan Telin dengan ICE System 2, memperkuat jaringan telekomunikasi untuk memberikan konektivitas premium sambil memastikan efisiensi biaya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru