PLN E-Motion, Upaya Dorong Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 06 Jun 2023 18:14
PLN E-Motion, Upaya Dorong Konversi Motor BBM ke Motor Listrik
General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin, menjajal langsung salah satu motor listrik di sela PLN E-Motion: Electric Motorcycle Conversion Festival di Nipah Mall, Selasa (6/6/2023)
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) UID Sulselrabar menggelar PLN E-Motion: Electric Motorcycle Conversion Festival di Nipah Mall, Kota Makassar pada Selasa (6/6/2023). Event itu mengangkat tema 'Konversi Motor BBM ke Motor Listrik menuju Net Zero Emission'.

Gelaran PLN E-Motion ini melibatkan sejumlah komunitas otomotif dan UMKM. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan launching komunitas Evolution. Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan TJSL dari PLN Peduli terkait program bantuan Pelatihan Konversi Motor Listrik.



General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin, menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud komitmen pihaknya mendukung program pemerintah dalam menekan emisi karbon. Pihaknya ingin lebih mengenalkan lagi ekosistem energi hijau atau energi bersih kepada masyarakat.

"Tujuannya ini semata untuk mengenalkan kepada masyarakat, bahwa sudah eranya kita harus beralih dari motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik," ungkap dia.

Secara spesifik, Adchaminoerdin menyebut lewat kegiatan ini pihaknya mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan motor listrik. Toh, pengggunaan motor listrik terbukti lebih efektif dan efisien, serta dipastikan hemat. Tidak kalah penting, dalam jangka panjang mampu menjaga lingkungan.

"Penggunaan kendaraan listrik bukan hanya sebatas mengurangi emisi karbon dan menjaga lingkungan, tapi juga mendukung UMKM. Ada peluang di sana, apalagi kan luar biasa efisien dan ekonomisnya," ungkap dia.

Lebih jauh, Adchaminoerdin menyampaikan PLN terus berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik. Sejauh ini, di wilayahnya sudah ada tujuh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum alias SPKLU. Tahun ini, ditargetkannya bakal ada penambahan empat SPKLU lagi.

"Kami pun selalu terbuka jika ada investor atau pelaku usaha yang ingin membuka SPKLU," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas ESDM Sulsel, Muhammad Rijal, menyampaikan pemerintah saat ini memang tengah getol mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Khusus untuk motor listrik, pemerintah bahkan memberikan subsidi hingga Rp7 juta.



Ia pun mendukung setiap pelaksanaan kegiatan yang muaranya mendukung pengurangan emisi karbon. Termasuk gelaran dari PLN ini diakuinya patut diapresiasi karena mendukung konversi motor BBM menjadi motor listrik. Bahkan, memberikan pelatihan kepada UMKM terkait konversi motor listrik.

"Pemprov mendukung setiap kegiatan yang mendukung percepatan net zero emission. Kami juga memberikan apresiasi kepada PLN yang menggelar kegiatan ini, semoga bisa menjadi trigger untuk konversi motor BBM ke motor listrik," tukasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru