PLN Dorong Electrifying Lifestyle lewat Ramadhan Electric Food Festival 2023

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 08 Apr 2023 20:11
PLN Dorong Electrifying Lifestyle lewat Ramadhan Electric Food Festival 2023
GM PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin dan Manager PLN UP3 Makassar Selatan Ari Tirtaprawita berfoto bersama di sela acara REFF 2023, Sabtu (8/4/2023). Foto/Tri Yari Kurniawan
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle alias gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik di tengah masyarakat. Kampanye itu salah satunya diwujudkan melalui acara Ramadhan Electric Food Festival (REFF) 2023 di Kantor PLN UP3 Makassar Selatan pada Sabtu (8/4/2023).

Selama tiga hari rentang 6-8 April 2023, event ini melibatkan 24 UMKM. Sesuai tema, UMKM di bidang kuliner itu memproduksi makanan maupun minuman menggunakan peralatan listrik, termasuk kompor induksi. Di samping itu, juga ada pameran kendaraan listrik, baik mobil maupun motor.



General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch Andy Adchaminoerdin, menyampaikan pelaksanaan REFF 2023 merupakan bagian dari kampanye PLN untuk mengajak masyarakat, termasuk UMKM mengimplementasikan electrifying lifestyle. Terlebih, pada zaman ini, dimana listrik menjadi kebutuhan primer.

"Ini semata untuk memperkenalkan electrifying lifestyle, apalagi di era modern ya mustahil tanpa adanya listrik. Juga salah satu wujud transformasi PLN yakni green, energi bersih. Dengan energi listrik, maka kita terhindar dari emisi-emisi (karbon)," kata Andy.

Electrifying lifestyle juga sejalan dengan program pemerintah yang terus mengejar nol emisi karbon. Menurut Andy, penggunaan peralatan listrik, semisal kompor listrik memiliki banyak keunggulan. Selain ramah lingkungan, pun lebih aman bagi masyarakat pengguna, termasuk dari potensi meledak akibat kebocoran gas.

"Ya, makanya kami terus mengajak masyarakat maupun UMKM untuk mengkampanyekan hidup baik dengan serba listrik. Ini semata demi menjaga lingkungan karena bebas karbon," tutur Andy, sembari menekankan pelaksanaan REFF 2023 juga wujud dukungan PLN terhadap kemajuan UMKM.

Lebih jauh, Andy menyebut lewat acara ini, pihaknya juga memperkenalkan ekosistem kendaraan listrik. Olehnya itu, pihaknya melibatkan produsen mobil maupun motor listrik. Juga diperkenalkannya keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum alias SPKLU.



Berdasarkan data, total ada 7 SPKLU di wilayah PLN UID Sulselrabar per Maret 2023. Adapun SPKLU itu tersebar di PLN ULP Mattoanging, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, PLN ULP Palopo di Kota Palopo, PLN ULP Kolaka di Kabupaten Kolaka dan PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari.

PLN berencana terus menambah fasilitas SPKLU. Pada tahun ini, rencananya ada penambahan 4 SPKLU lagi, Masing-masing di Bulukumba, Watampone, Kolaka Utara dan Konawe Utara. Andy menyebut pihaknya bahkan mendorong pemerintah daerah maupun pengusaha untuk membangun infrastruktur SPKLU, namun pasokan listriknya wajib dari PLN.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru