Pelanggan PLN di Makassar Rasakan Manfaat Smart Meter AMI

Tim Sindomakassar
Jum'at, 11 Agu 2023 13:05
Pelanggan PLN di Makassar Rasakan Manfaat Smart Meter AMI
PT PLN (Persero) mengembangkan penggunaan smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) sebagai inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Foto/Dok PLN
Comment
Share
MAKASSAR - PT PLN (Persero) mengembangkan penggunaan smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) sebagai inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Manfaat inovasi layanan kelistrikan tersebut langsung dirasakan oleh pelanggan dan terbukti membawa manfaat yang besar. Pelanggan dapat memantau penggunaan dan tagihan listrik secara akurat, sistem yang lebih aman dan pelayanan yang lebih cepat.

Akbar, warga Kelurahan Tamamaung Kota Makassar mengapresiasi upaya PLN dalam meningkatkan layanan dengan penggunaan meter AMI yang canggih. "Saya berminat menggunakan meteran AMI ini karena canggih dan gratis saat penggantian," ujar Akbar.



Menurutnya apabila terjadi gangguan, penanganan oleh petugas PLN dapat lebih cepat. "Terima kasih kepada PLN atas penggantian meter yang canggih ini dan semoga masyarakat lain dapat turut merasakan manfaat positif meteran AMi ini," ungkap Akbar.

Hal senada juga diungkapkan Lukman, warga Kota Makassar. Dirinya mengatakan dengan meteran AMI, penggunaan listrik dapat dipantau kapan saja dan lebih akurat. "Privasi kami juga lebih terjaga karena petugas tidak perlu lagi datang ke rumah untuk mencatat meter. Kadang saya juga kasihan sama petugasnya karena kalau saya tidak ada di rumah, petugas (PLN) bolak-balik datang ke rumah untuk memastikan meterannya tercatat," kata Lukman.

Lukman berharap dengan hadirnya meteran AMI ini juga segala bentuk gangguan dan keluhan pelanggan dapat tertangani lebih cepat.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan implementasi smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) ini akan membuat kenyamanan pelanggan semakin meningkat. AMI sendiri merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif.

"AMI dapat memudahkan baik PLN maupun pelanggan untuk bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara realtime," ungkap Andy.



Selain itu ujar Andy, melalui penggunaan smart meter AMI, pembacaan meter yang sebelumnya dilakukan secara manual (door to door) oleh petugas, kini bisa dilakukan secara digital, sehingga lebih akurat serta privasi pelanggan akan lebih terjaga.

"Penerapan smart meter AMI ini membawa banyak manfaat. Pembacaan data meter secara real time dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi," papar Andy.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru