Perluas & Tingkatkan Kualitas Jaringan, XL Tambah Ratusan BTS 4G di Sulawesi

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 23 Sep 2023 18:57
Perluas & Tingkatkan Kualitas Jaringan, XL Tambah Ratusan BTS 4G di Sulawesi
Teknisi XL Axiata melakukan pemeriksaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di objek wisata Malino, Kabupaten Gowa. Foto: Sindomakassar/Maman Sukirman
Comment
Share
MAKASSAR - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Pulau Sulawesi. Untuk itu, provider telekomunikasi ini gencar menambah ratusan tower atau menara Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Regional Group Head XL Axiata Sulawesi Region, Mozes H Baottong, menyampaikan pihaknya menambah kurang lebih 300 tower BTS 4G baru untuk memperluas dan meningkatkan cakupan sinyal XL di Sulawesi. Terdapat beberapa wilayah yang menjadi sasaran, mulai dari Morowali hingga Bone.

"Tahun ini, total penambahan tower sekitar 300 (BTS 4G) di area Sulawesi. Semoga tahun depan bisa semakin bertambah lagi tower 4G-nya," kata Mozes, kepada awak media di sela Media Update AXIS Nation Cup 2023-Final Region Sulawesi di salah satu rumah makan di Kabupaten Gowa, Sabtu (23/9/2023).

Sejauh ini, realisasi penambahan BTS 4G dari XL di Sulawesi sudah mencapai kurang lebih 250 tower. Mozes menyebut jika tidak ada kendala, penambahan tower bakal rampung pada Oktober 2023.

Lebih lanjut, Mozes menjelaskan penambahan tower BTS 4G ditempatkan di area-area yang membutuhkan dan punya pasar potensial. Salah satunya yakni di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah itu kini terbilang padat karena disesaki pekerja, seiring dengan banyaknya proyek tambang.

Olehnya itu, XL melakukan ekspansi untuk memenuhi kebutuhan layanan jaringan telekomunikasi maupun internet di Morowali. Bahkan, XL juga menyasar perusahaan-perusahan di daerah tambang itu lewat layanan enterprise.

Selain Morowali, penambahan tower juga banyak dilakukan di daerah berkembang, seperti Luwuk Banggai, Poso, Bone, dan Gowa. Adapun untuk kota besar seperti Makassar, upaya penguatan coverage tetap dilakukan tapi lebih kepada penambahan kapasitas, baik dari sisi frekuensi maupun perangkat agar menjangkau lebih banyak orang.

"Persoalan yang terjadi sekarang, dalam satu area itu kebutuhan orang (telekomunikasi/internet) semakin meningkat. Kondisi itu membuat kami harus melakukan upgrade," katanya.

Mozes mengimbuhkan XL juga terus melakukan penambahan jalur fiber optik, baik ke tower maupun ke rumah. Hal itu dilakukan seiring dengan tren penambahan pelanggan, yang bertumbuh seiring semakin besarnya jumlah penduduk. Adapun pangsa pasar XL diproyeksikan dapat mencapai 20-25 persen dari total market hingga akhir tahun ini.

Guna memastikan kinerja positif dan tren pertumbuhan pelanggan, XL senantiasa melakukan berbagai inovasi. Bukan hanya menawarkan promo dan program menarik, tapi juga berinteraksi lewat event. Salah satunya yakni AXIS Nation Cup 2023, turnamen futsal antara pelajar SMA-SMK terbesar di Indonesia.

Lewat turnamen futsal itu, XL ingin mengasah bakat dan minat pelajar, sekaligus mendekatkan diri dengan kalangan milenial. Dengan begitu, milenial yang jumlahnya sangat banyak dapat lebih mengenal XL maupun AXIS, yang merupakan bagian dari XL.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru