Keracunan Gula Turunkan Konsentrasi dan Timbulkan Penyakit, Ini Tanda-tandanya

Agus Nyomba
Sabtu, 14 Jan 2023 05:56
Keracunan Gula Turunkan Konsentrasi dan Timbulkan Penyakit, Ini Tanda-tandanya
Keracunan gula bisa mengintai siapa saja, berikut tanda-tandanya. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Banyak yang tidak menyadari bahwa mengkonsumsi gula berlebih bisa membuat mereka menderita keracunan gula, dan membuat konsentrasi menurun hingga menimbulkan sejumlah penyakit.

Bukan hanya penyakit diabetes yang bisa mengancam jika kelebihan gula, penyakit lainnya juga seperti stroke bahkan obesitas yang berujung kematian. Berikut ini tanda-tandanya seseorang keracunan gula.



1. Ketagihan Rasa Manis

Tidak hanya narkoba yang bisa menyebabkan keracunan, gula juga demikian. Hal ini dijelaskan penulis The Sugar Detox, Brooke Alpert, yang mengatakan gula bersifat adiktif sehingga orang yang terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman manis, akan selalu menginginkan hal yang sama, lagi dan lagi.

2. Muncul Jerawat

Menurut Dr Rebecca Kazin dari Washington Institut of Surgery Dermatology Lazer, konsumsi gula bisa mengakibatkan lonjakan insulin. Karena tubuh harus mengubah gula yang masuk menjadi energi. Nah beberapa orang sensitif terhadap lonjakan ini, maka salah satu gejalanya adalah munculnya jerawat.

3. Mood Swing

Sering mengalami perubahan suasana hati padahal tidak sedang datang bulan menjadi tanda kamu kebanyakan mengonsumsi gula.

4. Konsentrasi Menurun, Khususnya Setelah Makan

Menurut Alpert, ternyata kelebihan gula bisa menyebabkan masalah kognitif dan gangguan memori. Kamu akan sulit berkonsentrasi atau sering lupa jika terlalu banyak mengonsumsi gula.

5. Lidah Tidak Sensitif

Orang yang terbiasa mengonsumsi gula, lama-lama lidahnya jadi kebal. Makanan yang dulunya manis sekarang akan menjadi kurang manis. Dampaknya adalah dia akan mencoba memakan makanan yang lebih manis lagi.
(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru