Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik

Luqman Zainuddin
Kamis, 26 Okt 2023 16:12
Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik
FIFGroup menggaungkan kredit cerdas dan bijak melalui lima pembiyaan unggulannya. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide
Comment
Share
MAKASSAR - Siang itu, Selasa 24 September, Firman, 29 tahun, baru saja tiba di sebuah kafe di Jalan Letnan Jendral Hertasning, Kota Makassar. Hari itu, aktivitasnya tak sepadat biasanya.

Firman merupakan pegawai honorer di salah satu institusi pemerintahan di Kota Makassar. Job desknya berkaitan dengan konten digital. Di hari normal, kegiatannya akan sangat padat dengan mobilitas tinggi ke berbagai titik di Kota Anging Mammiri.

Dalam aktivitas itu, Firman ditemani motor skutik miliknya. Kendaraan tersebut dia beli setahun lalu dengan skema kredit menggunakan pembiayaan Federal International Finance (FIFGroup), anak usaha PT Astra Finansial.

"Ini pertama kali saya menyicil dengan FIF. Layanannya sederhana dan cepat. Tak banyak bertele-tele," kata Firman siang itu.

Selain pengurusan, pria asal Polman, Sulawesi Barat itu juga senang dengan pelayanan FIF. Tiap mendekati jatuh tempo, ia akan dihubungi oleh pihak FIF, sekadar mengingatkan dengan komunikasi persuasif.

Pembiayaan motor merupakan satu dari lima produk penjualan FIFGroup, yakni FIFASTRA. Layanan ini memberikan pembiayaan sepeda motor khusus Honda, baik baru maupun bekas yang berkualitas.

FIFASTRA menjadi layanan yang paling banyak diminati masyarakat. Fakta ini bisa dilihat pada Kantor FIFGroup Cabang Maros, yang area marketingnya meliputi Daya, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, sampai Kabupaten Barru.

"Paling mendominasi di motor baru. Karena bisnis utamanya kita itu pembiayaan resmi kredit motor honda," ujar Kepala Cabang FIFGroup Maros Amir AR Mattola, Selasa 24 September.

FIFGroup memiliki empat layanan selain FIFASTRA, yakni SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan Amitra. 5 layanan yang mencakup segala kebutuhan masyarakat.
Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik
Seorang kepala keluarga di Kota Makassar tengah mengakses website resmi milik FIFGroup untuk melihat layanan pembiayaan. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide

SPEKTRA, layanan pembiayaan multiguna untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat mulai dari elektronik, perabot rumah tangga, furniture, gadget, produk lifestyle, dan kebutuhan lainnya.

Sementara DANASTRA merupakan pembiayaan yang memberikan solusi dalam mengembangkan bisnis dan modal kerja serta pembiyaan multiguna.

Adapun FINATRA merupakan brand service FIFGroup yang fokus pada pembiayaan produktif. Tujuannya, memberikan kemudahan pembiayaan pada para pelaku UMKM untuk menumbuhkan dan mengembangkan usahanya.

Layanan FIFGroup terakhir adalah AMITRA. Layanan ini khusus menawarkan produk perjalanan religius dalam bentuk umroh reguler, umroh plus, dan haji. Semua kontrak pada layanan ini dibuat dalam akad berbasis syariah.

"DANASTRA menjadi layanan kedua setelah FIFASTRA dengan nasabah terbanyak. Umumnya mereka mengajukan untuk pembiyaan sekolah dan pernikahan. Kemudian menyusul layanan lainnya yakni SPEKTRA, FINATRA, dan AMITRA," sambung Amir.

Amir bilang, FIFGroup memiliki keunggulan dibandingkan pembiayaan lainnya. Yakni proses yang lebih mudah dan sederhana, titik lokasi kantor yang luas, lalu proses pembayaran yang bisa dilakukan di mana saja.

Selain itu, FIFGroup juga menggaungkan tagline kredit bijak dan cerdas. Sebab, sebagai perusahaan pembiayaan, tanggung jawab perusahaan tidak hanya terbatas pada bisnis, tetapi juga perlindungan dan kesejahteraan konsumen.
Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik
Pemilik UKM tengah melihat produk FINATRA di aplikasi FIFGroup yang ditawarkan oleh FIFGroup Cabang Maros. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide

FIFGroup meyakini, bahwa konsumen yang memiliki pemahaman baik tentang produk dan layanan keuangan yang mereka gunakan akan dapat mengambil keputusan finansial yang lebih cerdas. Oleh karena itu layanan yang diberikan transparan, adil, dan berkualitas.

"Sesuai dengan visi kami menjadi pemimpin industri yang dikagumi secara nasional, dengan misi membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat," kata Amir.

Lewat pembiyaan yang diberikan itu, diharap nasabah dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan. Seperti pada pengajuan pembiyaan sekolah di DANASTRA. Hanya dengan menggunakan dokumen adminsitrasi dan BPKB.

"Cukup calon datang ke network kita, mengajukan dana, kita estimasi, kita survei, baru kita cairin dananya. 3 jam sudah bisa selesai, yang penting syarat lengkap," beber dia.

Saat ini FIFGroup juga tengah fokus mendukung program pemerintah lewat pengembangan UMKM, lewat pembiyaan FINATRA dan berbagai programnya

Salurkan Rp203 Miliar
Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik
Kepala Cabang FIFGroup Maros Amir AR Mattola. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide

Bisnis FIFGroup Cabang Maros tumbuh signifikan tahun ini. Hingga September, penyaluran pembiayaan menembus angka Rp203 miliar.

"Ini sudah melampaui target. Tiap bulannya target kami Rp19 miliar," beber Amir.

FIFGroup Cabang Maros masuk dalam wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Ambon. Maros berada pada peringkat empat penyaluran pembiyaan setelah Cabang Kendari, Cabang Kabupaten Gowa, dan Cabang Kota Makassar.

Pertumbuhan penyaluran keuangan seiring dengan bertambahnya nasabah FIFGroup. Ditambah dengan program yang ditawarkan bagi masyarakat agar tertarik menjadi salah satu nasabah perusahaan yang didirikan 1989 silam ini.

"Program pasti ada. Program nasional ada, program lokalnya juga ada. Seperti DANASTRA, saat persetujuan pembiayaan, pemberian paket sembako. Pembiyaan motor baru pasti ada jaket eksklusif yang diberikan," beber Amir.
Kredit Cerdas dan Bijak FIFGroup Bawa Kehidupan yang Lebih Baik
5 jenis pembiyaan yang dimiliki FIFGroup dapat diakses siapa saja untuk kebutuhan apapun. Termasuk kebutuhan pengembangan bisnis. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide

FIFGroup kata dia juga bukan hanya yg mencari profit. Di Cabang Maros, ada kegiatan CSR yang rutin dilaksanakan. Seperti kegiatan berbagi ke panti asuhan dan masjid, atau kegiatan sosial bekerja sama dengan instansi terkait lain.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru