Intip Tips Beri Internet Aman untuk Anak ala Indosat HiFi

Tim Sindomakassar
Kamis, 11 Apr 2024 13:34
Intip Tips Beri Internet Aman untuk Anak ala Indosat HiFi
Perkembangan internet yang cukup pesat juga perlu menjadi tanggung jawab orang tua untuk tetap mengawasi kegiatan mereka dalam dunia dunia digital. Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Berdasarkan data dari UNICEF mengungkapkan setidaknya ada 30 juta anak dan remaja di Indonesia yang menjadi pengguna internet. Mereka datang dari berbagai umur, bahkan bisa dilihat dari sekeliling saat ini, anak kecil sudah mengantongi gadget sebagai mainan mereka saat ini.

Internet memiliki banyak dampak positif dalam kehidupan ini, memberikan informasi, pembelajaran, sampai konektivitas. Namun, di umur anak yang masih belia, perkembangan internet yang cukup pesat juga perlu menjadi tanggung jawab orang tua untuk tetap mengawasi kegiatan mereka dalam dunia dunia digital.

Olehnya itu, perlu adanya pengawasan dalam memberikan dan juga mengarahkan internet yang aman untuk anak. Namun, supaya tak terkesan membosankan, Indosat HiFi memberikan beberapa tips yang bisa diakukan bersama si kecil sehingga kegiatan dunia digital mereka tak hanya aman namun juga menyenangkan.

Sediakan Platform Khusus
Situs browsing utama yang saat ini digunakan adalah Google, namun dengan berbagai kecanggihan dalam mengumpulkan dan mendapatkan berbagai informasi, akan terasa sulit untuk mengawasi aktivitas si kecil di dunia digitalnya. Dari sini, Google berangkat dengan menawarkan sebuah teknologi bernama Family Link yang bisa digunakan orang tua dalam mengatur, mengawasi aktivitas internet buah hati.

Aplikasi Family Link menyediakan fitur untuk mengawasi penggunaan waktu dalam perangkat dan internet pada si buah hati. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa memantau aktivitas, sampai lokasi buah hati melalui perangkat yang terhubung dan mengunci akses tertentu dari jarak jauh. Secara singkat, Google Family Link adalah pilihan yang tepat untuk tetap bisa memantau dan mengontrol aktivitas buah hati sepenuhnya di dunia maya.

Blokir Situs Tertentu
Selain Google Family Link, Google juga memiliki fitur bernama SafeSearch. Sesuai namanya, fitur ini menyediakan saringan atau kontrol dalam pencarian konten dan informasi yang muncul di internet sehingga orang tua dapat dengan tenang memberikan internet yang aman untuk anak.

Cara pakainya, orang tua bisa mengakses beberapa situs tertentu dan memblokir akses pada konten tersebut, terlebih yang saat ini sangat berbahaya yaitu konten kekerasan, atau konten dewasa.

Namun, orang tua juga harus secara aktif mendapatkan informasi mengenai situs yang yang pantas diberikan untuk anak, pasalnya semakin canggih perkembangan informasi masa kini, fitur ini belum sepenuhnya bisa meloloskan beberapa situs yang tak terlalu terdengar namanya.

Cari Konten dan Aplikasi Menarik & Mendidik yang Tepat
Anak zaman sekarang, tanpa perlu diarahkan mereka sudah paham dalam mencari konten menarik yang mereka senangi. Dari sini, peran orang tua juga masih diperlukan tak hanya dalam memastikan si buah hati tenang bermain dengan gadgetnya namun konten yang bermanfaat yang bisa didapatkan oleh buah hati.

Beragam akun khusus anak-anak yang menarik dan edukatif saat ini juga sudah tersedia baik di Youtube Kids, atau pun kanal streaming lainnya yang khusus dibuat untuk si buah hati.

Selain memastikan mereka mengkonsumsi informasi yang edukatif, pastikan juga peran orang tua aktif dalam mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang produktif dan juga bermanfaat, seperti mengajarkan mereka bakat-bakat tertentu sesuai passion mereka, seperti bermain alat musik, mamasak, menggambar, sampai bercocok tanam.

Berikut ada 3 tips utama dalam memberikan internet yang aman untuk anak. Di balik itu semua, peran orang tua melalui kehadiran juga diperlukan supaya keseimbangan antara perkembangan zaman baik secara edukasi, mental, dan psikis juga bisa seimbang didapatkan.

Tentunya, untuk mendukung kelancaran dalam memberikan internet yang aman untuk anak, diperlukan juga koneksi internet yang lancar tanpa hambatan membuat segala aktivitas di rumah mereka semakin nyaman.

Bersama Indosat HiFi, orang tua tak perlu lagi akan hambatan dalam koneksi internet rumah, karena Indosat HiFi #NyataAndalnya beri koneksi tanpa hambatan dalam cuaca apa pun untuk dukung dan lindungi internet aman dan menyenangkan bagi buah hati.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru