Kolaborasi IKA & OSIS Smandel Rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-79

Herni Amir
Minggu, 25 Agu 2024 20:00
Kolaborasi IKA & OSIS Smandel Rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-79
IKA SMA Negeri 8 (Smandel) Makassar berkolaborasi dengan pengurus Organisasi Siswa (OSIS) Smandel menggelar Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79 Tahun. Foto/Herni Amir
Comment
Share
MAKASSAR - Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 8 (Smandel) Makassar berkolaborasi dengan pengurus Organisasi Siswa (OSIS) Smandel menggelar Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79 Tahun.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari 23 hingga 25 Agustus 2024, dan diisi dengan berbagai acara menarik, seperti Lomba Lari Kelereng, Lomba Lari Karung, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Domino, dan Lomba Karaoke.

Ketua IKA Angkatan 98 Smandel Makassar, Syahrul Juaksha, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari Semarak Kemerdekaan dalam rangka HUT Proklamasi RI. Kegiatan ini dilaksanakan secara kolaboratif antara IKA Smandel dan pihak sekolah.

"Jika tahun-tahun sebelumnya kami melaksanakan kegiatan HUT RI di sekolah di masing-masing angkatan, kali ini kami menginisiasi untuk dilaksanakan secara kolaborasi," ungkapnya di sela-sela Puncak Semarak Kemerdekaan "Kolaborasi, Sinergi, Silaturahmi" di SMA Negeri 8 Makassar, Jalan Andi Manggerangi, Minggu (25/08/2024).

Syahrul menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara sesama IKA, serta antara IKA dengan civitas akademika Smandel Makassar, dan menanamkan jiwa nasional kepada para siswa.

"Sangat penting kita meningkatkan kualitas diri untuk memberi kontribusi dalam proses pembangunan RI. Mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang bermanfaat juga merupakan agenda besar," terangnya.

Menurut Syahrul, sebagai generasi penerus, harus menyiapkan diri menghadapi tantangan yang semakin berat di masa depan.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menanamkan jiwa nasional kepada adik-adik kami. Kami juga berharap terbangun komunikasi yang baik antara sesama alumni, alumni dengan siswa, guru, dan pihak sekolah lainnya," harap Syahrul.

Syahrul menekankan bahwa kemerdekaan kali ini adalah upaya untuk maju dalam hal-hal positif. Salah satunya adalah menyatukan seluruh pihak dalam IKA Smandel Makassar.

"Kita saat ini berlatar belakang banyak profesi. Kami ingin menyatukan kekuatan ini untuk membuat konsep baru bagaimana IKA bisa berperan dalam membangun dan memajukan Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Takdir Nyompa mengatakan, selain lomba, kegiatan ini juga diramaikan dengan pameran kuliner yang diikuti oleh pelaku usaha dari IKA Smandel Makassar sebagai ajang promosi.

"Harapan kami, silaturahmi ini bisa terus terjalin antara pengurus IKA dan civitas Smandel Makassar. Kami berharap ini akan menjadi agenda tahunan kita bersama," katanya.

Kolaborasi ini didukung oleh seluruh angkatan IKA Smandel Makassar, dari angkatan 1985 hingga 2023. Setiap angkatan menunjukkan antusiasme untuk terlibat dalam kegiatan ini.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru