Pelajar Makassar Eksplorasi Kreativitas lewat by.Universe dari by.U

Tri Yari Kurniawan
Senin, 28 Okt 2024 18:00
Pelajar Makassar Eksplorasi Kreativitas lewat by.Universe dari by.U
Mewadahi kebutuhan tersebut, by.U menggelar acara by.Universe di SMAN 2 Makassar dengan tema COntent SocMed Original dan Seru alias COSMOS. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial, peran content creator semakin krusial, terutama bagi generasi muda.

Bagi pelajar, menjadi content creator bukan sekadar tren, tetapi juga peluang untuk mengembangkan diri, berkarya, dan membuka pintu karier di masa depan. Dengan mempelajari kemampuan ini, para pelajar dapat menemukan cara mengekspresikan diri dan berbagi ide-ide kreatif dengan dunia.

Mewadahi kebutuhan tersebut, by.U menggelar acara by.Universe di SMAN 2 Makassar dengan tema COntent SocMed Original dan Seru alias COSMOS. Acara ini menghadirkan tiga pemateri dalam sesi talkshow: Fian Rinaldy (CEO Masa Kreatif), Triesa Aditya Kelana (Videografer Digispace Telkomsel), dan Aldhy Gunawan (Content Creator dan Komika).

Manager Mobile Operations Support Area Telkomsel Pamasuka, Muhammad Irdjan, menyampaikan seiring dengan meningkatnya penggunaan platform media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya, kebutuhan terhadap konten yang menarik, informatif, dan kreatif semakin tinggi.

Kini, banyak perusahaan, organisasi, dan komunitas membutuhkan konten digital sebagai bagian dari strategi komunikasi dan pemasaran mereka.

"Inilah mengapa penting bagi pelajar untuk mempelajari keterampilan seperti videografi, fotografi, penulisan konten, dan penguasaan aplikasi editing. by.Universe hadir sebagai wadah bagi pelajar berekspresi, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan potensi diri mereka," katanya.

Dalam roadshow pertama by.Universe hari ini, peserta tidak hanya berasal dari SMAN 2 Makassar, tetapi juga dari sekolah lain seperti SMAN 1, SMAN 9, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 8, SMAN 14, SMAN 16, MAN 2, SMAN 17, dan SMAN 21 Makassar. Selain talkshow, terdapat berbagai aktivitas menarik selama jam istirahat, termasuk games dan photo booth.

Kepala Sekolah SMAN 2 Makassar, Syafruddin, menyatakan pihaknya menyambut baik kegiatan by.Universe dari by.U. Toh, sekarang media sosial memegang peranan penting dalam generasi saat ini dan harus digunakan secara positif. Selain kemampuan teknis, by.Universe ini juga melatih keterampilan lain seperti manajemen waktu, kreativitas, dan berpikir kritis.

"Saat membuat konten, seorang pelajar dituntut untuk memikirkan konsep, membuat perencanaan, serta merealisasikan ide menjadi karya menarik. Proses ini membentuk disiplin dan ketekunan, yang bermanfaat tidak hanya dalam karier sebagai content creator tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya," kata dia.

Roadshow by.Universe selanjutnya akan dilaksanakan pada Kamis, 31 Oktober 2024 di SMAN 16 Makassar dengan tema NASA (Ngobrol Asik Seputar Akting). Acara ini akan mencari bakat pelajar berbakat dalam akting yang akan dilibatkan dalam pembuatan series by.U. Puncak program by.Universe dijadwalkan berlangsung pada bulan Desember 2024, menampilkan bazaar, festival games, permainan tradisional, dan bintang tamu.

“Mengembangkan berbagai keterampilan sebagai content creator memberi pelajar kesempatan untuk lebih dari sekadar mengikuti tren, tetapi juga menyiapkan diri menjadi generasi kreatif yang mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman. Dengan hadirnya by.Universe dari by.U sebagai wadah berekspresi, diharapkan semakin banyak pelajar yang mampu memaksimalkan potensi dan memberikan kontribusi positif di era digital ini,” tutup Irdjan.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru