Laporan Kebakaran Meningkat, Masyarakat Diimbau Waspada

Gusti Ridani
Senin, 25 Sep 2023 17:50
Laporan Kebakaran Meningkat, Masyarakat Diimbau Waspada
Laporan kebakaran di Kota Makassar dilaporkan meningkat. Masyarakat pun diimbau meningkatkan kewaspadaan. Foto/Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Cuaca panas akibat fenomena El Nino mengakibatkan banyaknya laporan kebakaran yang terjadi di Kota Makassar. Oleh karena itu, Damkar Makassar meminta masyarakat agar lebih waspada dengan kelistrikan masing-masing.

Kepala Bidang Operasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Cakrawala, mengatakan sebagaimana diketahui penyebab kebakaran tertinggi hingga saat ini disebabkan oleh kelistrikan rumah tangga. Khususnya perkabelan dan barang-barang elektronik.

"Kalau untuk pencegahan kita sosialisasi, kita himbau kewaspadaan khususnya barang-barang eletronik, dapur, penggunaan perangkat dapur," ujar dia, Senin (25/9/23).

Cakrawala mengatakan pihaknya belakangan banyak menerima laporan kebakaran dari masyarakat. Meski belum direkapitulasi, namun laporan rata-rata harian cukup masih dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Selain perangkat kelistrikan, dirinya juga menghimbau masyarakat untuk memperhatikan penggunaan api. Seperti pembakaran sampah harus dipastikan padam sebelum ditinggalkan.

Kebanyakan kasus, kata dia, juga dilaporkan akibat kebakaran alang-alang yang disebabkan oleh kelalaian masyarakat saat membakar sampah. Saat ini Cakrawala mengatakan kebakaran sangat mudah tersulut, sebab seluruh komponen cukup kering.

"Kebakaran lahan itu hampir sebagian besar disebabkan unsur kelalaian, masyarakat saat membakar sampah dan apinya dibiarkan," kata dia.

Sebelumnya Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, juga telah meminta masyarakat mewaspadai potensi kebakaran selama fenomena El Nino berlangsung. Khususnya masyarakat yang kerap membuang puntung rokoknya ke sembarang tempat.

"Kita harus punya kemampuan mitigasi, harus disiplin, jangan buang rokok di sembarang tempat. Rokok dulu itu yang pertama (diantisipasi) yang kedua jaga rumah kita," tutur Danny.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru