Kanim Makassar Ajak Masyarakat Cegah Pekerja Migran Ilegal

Tim Sindomakassar
Sabtu, 04 Nov 2023 17:12
Kanim Makassar Ajak Masyarakat Cegah Pekerja Migran Ilegal
Suasana sosialisasi pencegahan tenaga kerja ilegal oleh Kanim Makassar. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pekerja migran ke negara lain. Salah satu provinsi yang banyak menyalurkan tenaga kerja ialah Sulawesi Selatan.

Dengan banyaknya pekerja migran Indonesia yang keluar negeri, tentu memiliki potensi munculnya sejumlah permasalahan, salah satunya ialah pekerja migran ilegal.

Untuk itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar yang memiliki tugas dan fungsi mengawasi lalu lintas orang keluar masuk Indonesia, mengajak masyarakat mencegah pekerja ilegal.

Ajakan dilakukan melalui kegiatan sosialisasi di Hotel Celebes Malino. Hadir perangkat kecamatan, lurah, desa, serta masyarakat umum agar informasi mengenai pekerja migran dapat tersampaikan dengan egektif.

Pada materi yang dibawakan, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Andi Rezka Putra AR menjelaskan tata cara pendaftaran antrian paspor secara online melalui aplikasi MPaspor.

"Aplikasi MPaspor ini dikeluarkan oleh direktorat Jenderal Imigrasi untuk memudahkan masyarakat dalam membuat Permohonan Paspor," kata dia, kemarin.

Ia juga menambahkan, khusus Pekerja Migran yang pertama kali bermohon paspor, akan dikenakan biaya "0" rupiah alias gratis, asal persyaratan pekerja migrannya lengkap.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru