Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

5 Inovasi Kantor Imigrasi Makassar Tingkatkan Pelayanan

Tim Sindomakassar
Senin, 06 Nov 2023 15:17
5 Inovasi Kantor Imigrasi Makassar Tingkatkan Pelayanan
Kantor Imigrasi Makassar. Foto: Istimewa
Comments
MAKASSAR - Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat menginginkan adanya layanan pemerintah yang lebih cepat dan efisien. Dengan demikian inovasi layanan publik wajib dikembangkan oleh pemerintah khususnya yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat.

Inovasi sering kali dihadapkan dengan hal baru dan menantang, hal ini tentu bukan hal mudah mengingat akan banyak tantangan yang akan dihadapi dalam membentuk dan membuat suatu inovasi baru di dalam suatu lingkungan.

Inovasi dapat diciptakan dengan melakukan berbagai hal seperti melakukan riset hingga menggali ide yang kreatif dan melihat kondisi dan kebutuhan masyarakat, tentunya Inovasi harus member solusi dari permasalah yang muncul di masyarakat.

Dalam meningkatkan layanan public di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar, pimpinan dan pegawai Kanim Makassar terus menciptakan Inovasi Layanan dalam memudahkan masyarakat mendapat Layanan keimigrasian.

Sejak tahun 2020 Kanim Makassar telah berhasil memperoleh predikat zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Salah satu poin penilaian untuk mendapat Predikat WBK-WBBM adalah Inovasi Pelayanan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar layanan public dapat lebih ,mudah diakses dan diterima oleh masyarakat.

Berikut lima inovasi layanan yang dimiliki oleh Kanim Makassar

Kaisar Mandala
Kantor Imigrasi Makassar Melayani dihari libur anda yang dikenal Kaisar Mandala merupakan inovasi pelayanan keimigrasian berupa pembuatan paspor pada hari libur sabtu dan minggu bertempat di Kantor Imigrasi, layanan ini diberikan bagi masyarakat yang sulit untuk melaungkan waktunya pada hari kerja. Kaisar Mandala dilaksanakan sebulan sekali.

Kaisar Phinisi
Kaisar Phinisi merupakan singkatan “Kantor Imigrasi Makassar Pelayanan Paspor Haji dan Emergency” adalah layanan pembuatan paspor bagi jamaah haji dan Orang sakit yang sulit ke Kantor Imigrasi untuk melakukan pembuatan paspor. Giat Kaisar Phinisi sering dilakukan pada saat menjelang musim haji atau adanya permohonan dari rumah sakit/keluarga pasien yang sakit dan akan dirujuk ke luar negeri untuk berobat.

Kaisar Drive Thru
Kaisar Drive Thru adalah layanan pengambilan paspor selesai melalui Drive Thru, inovasi layanan yang diluncurkan pada masa pandemic dimana saat itu interaksi tatap muka cukup dibatasi. Dengan adanya pengambilan paspor Drive thru membuat pengambilan paspor selesai menjadi lebih mudah dan praktis.

Dengan layanan ini, pemohon cukup menempelkan kertas berisi barcode di mesin scan untuk memperoleh nomor pengambilan pasport tanpa harus turun dari kendaraan. Setelah itu, pemohon langsung menuju loket pengambilan drive thru.

Kaisar Lagosi
Kaisar Lagosi merupakan akronim dari Kantor Imigrasi Makassar Layanan Gojek Imigrasi. Kaisar Lagosi merupakan layanan pengambilan paspor dengan menggunakan jasa aplikasi Gosend. Dengan memanfaatkan layanan Kaisar Lagosi, pemohon paspor tidak perlu datang ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah selesai, jika telah selesai melakukan foto paspor pemohon dapat memilih pengqambilan paspor via Gojek cukup menyampikan hal tersebut pada petugas imigrasi sebelum meninggalkan kantor Imigrasi.

Kaisar Simantap
Inovasi Kaisar Simantap adalah akronim Kantor Imigrasi Makassar Siap Melayani anda Tanpa antrian paspor, merupakan inovasi pelayanan jemput bola yaitu petugas imigrasi akan mendatangi Kabupaten/Kota dengan terjadwal untuk pelayanan pembuatan paspor guna memudahkan pelayanan.

Dengan adanya Kaisar Simantap, masyarakat yang berada di Kabupaten/Kota dapat membuat paspor tanpa harus ke Kantor Imigrasi Makassar. Untuk layanan ini hanya dapat melakukan pembuatan paspor baru dan paspor pergantian.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments