Gaet Wisatawan Mancanegara, Imigrasi Makassar Laksanakan Layanan IoS

Tim Sindomakassar
Jum'at, 24 Nov 2023 13:06
Gaet Wisatawan Mancanegara, Imigrasi Makassar Laksanakan Layanan IoS
Proses layanan Immigration on Shipping (IoS) kepada penumpang Kapal Pesiar MV Star Breeze Windstar Cruise yang tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar melakukan layanan Immigration on Shipping (IoS) Kapal Pesiar MV Star Breeze Windstar Cruise yang tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Layanan ini sejalan dengan fungsi keimigrasian sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan arus kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah Indonesia.

Immigration on Shipping (IoS) merupakan kegiatan pemeriksaan keimigrasian di atas alat angkut laut yang dilaksanakan untuk penumpang dan awak kapal pesiar atas persetujuan Direktur Jenderal Imigrasi berdasarkan permohonan dari penanggung jawab kapal.

Dasar pelaksanaan IoS ialah Pasal 80 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Tata Cara Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi, bahwa pemeriksan keimigrasian dapat juga dilakukan di atas alat angkut yang sedang dalam perjalanan dari luar negeri menuju ke wilayah Indonesia.

Pemeriksaan keimigrasian tersebut meliputi pemeriksaan di atas alat angkut udara dan alat angkut laut terhadap Warga Negara Indonesia, Orang Asing dan Awak Alat Angkut.

Pada kegiatan ini, Petugas IoS Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar melakukan pemeriksaan terhadap Kapal Pesiar MV. Star Breeze Windstar Cruise. Petugas IoS berjumlah 3 orang.

Adapun rute pelayaran pada kegiatan IoS ini ialah Pelabuhan Sandakan, Sabah lalu dilanjutkan ke Pelabuhan Soekarano-Hatta Makassar. Perjalanan tersebut dimulai pada tanggal 20 November 2023 dan tiba di Makassar pada tanggal 23 November 2023.

Selama pelayaran tersebut, Petugas IoS melakukan pemeriksaan keimigrasiaan di atas Kapal Pesiar MV. Star Breeze Windstar Cruise. Adapun pertimbangan dilakukannya Immigration on Shipping (IOS) ialah bahwa waktu sandar kapal pesiar yang relatif singkat dengan jumlah penumpang yang banyak kemudian mayoritas penumpang kapal telah berusia lanjut.

Kedatangan kapal pesiar juga berdampak positif terhadap ekonomi nasional melalui peningkatan arus kunjungan wisatawan manca negara ke wilayah Indonesia khususnya di Makassar.

"Pada kegiatan IoS ini telah dilakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap 193 orang Crew yang terdiri atas 138 orang Crew WNA dan 55 orang Crew WNI. Selain itu, Petugas IoS juga melakukan pemeriksaan kepada penumpang yang berjumlah 242 penumpang yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Canada, dan negara lainnya," jelas Nur Arifandi Azis, Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, yang juga merupakan petugas dalam kegiatan Immmigration on Shipping pada Kapal Pesiar MV. Star Breeze.

Selanjutnya, Kapal Pesiar MV Star Breeze akan melanjutkan perjalanan ke beberapa destinasi lain di Indoensia seperti Loh Liang, Komodo National Park, Lombok, Bali, Sumba, dan Kupang. Lalu kemudian melanjutkan perjalanan nya kembali ke Darwin, Australia.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru