UNM Kembali Kukuhkan 3 Guru Besar, Rektor Sanjung Soal Kualitas dan Kontribusi

Luqman Zainuddin
Kamis, 25 Jul 2024 18:25
UNM Kembali Kukuhkan 3 Guru Besar, Rektor Sanjung Soal Kualitas dan Kontribusi
Rektor UNM Prof Karta Jayadi mengukuhkan tiga guru besar di Ballroom Teater Menara Pinisi, Kamis (25/7/2024). Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Karta Jayadi kembali mengukuhkan tiga guru besar, Kamis (25/7/2024). Pengukuhan dilakukan dalam sidang terbuka luar biasa di Ballroom Teater Menara Pinisi.

Sehari sebelumnya atau Rabu 24 Juli, Prof Karta Jayadi juga mengukuhkan enam guru besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Adapun tiga guru besar yang dikukuhkan hari ini yakni Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Ia membawakan orasi ilmiah berjudul “Eksistensi dan Urgensi Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Perencanaan Karir Generasi Z di Era Digital”.

Selanjutnya, Prof. Iskandar S.Pd., M.Ed., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Sastra. Ia membawakan orasi berjudul "Membangun Harmoni Melalui Komunikasi Asertif dalam Bingkai Budaya Kolektivistik”.

Terakhir, Prof. Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T bidang Ilmu Pendidikan Teknik Kejuruan. Prof Hendra membawakan orasi berjudul ”Inovasi Pembelajaran Praktikum Berbasis Virtual Sebagai Strategi untuk Mencapai Era Keemasan UNM yang Unggul dan Adaptif Terhadap Perubahan Zaman”.



Rektor UNM Prof Karta Jayadi menyampaikan, pengukuhan guru besar bukan hanya pencapaian akademik penting bagi seorang akademisi secara personal. Lebih dari itu, pengukuhan ini juga mempertegas komitmen UNM menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.

Prof Karta Jayadi mengaku bangganya terhadap kualitas akademik UNM. Sebab, dalam dua hari ini, UNM mengukuhkan sembilan guru besar. Bagi dia, momen ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam kualitas akademik institusi.

“Khusus hari ini saya memberikan penghargaan dan ucapan bahagia kepada tiga guru besar yang baru dikukuhkan. Kita patut bersyukur bahwa UNM ini memiliki kualitas guru besar yang cerdas. Kemarin kita kukuhkan 6 hari ini 3, menandai HUT UNM yang ke 63,” sebut Prof Karta Jayadi.

Prof Karta juga menekankan pentingnya peran guru besar dalam memajukan kualitas pendidikan dan penelitian di UNM. Ia berharap kegiatan serupa dapat menjadi agenda rutin untuk memperingati usia UNM ke-64. Sebab, penting agar tidak membiarkan waktu berlalu tanpa pencapaian.

Guru besar bidang antropologi dan seni ini juga mengapresiasi kontribusi ketiga guru besar dalam bidang akademik. Ia berharap, orasi ilmiah yang disampaikan dapat menginspirasi sivitas akademika lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Baca juga: 5.272 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Seleksi Jalur Mandiri UNM

“Kualitas pembacaan pidato, pembacaan orasi akademik ilmiah dari para guru besar UNM itu luar biasa, sangat aplikatif, sangat mencerahkan, sangat inspiring for development ilmu pengetahuan. Ini sangat luar biasa,” pungkas Prof Karta Jayadi.

Prof Karta menegaskan komitmen UNM dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian serta peran aktifnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Adapun enam guru besar yang dikukuhkan kemarin yakni Prof Suwardi Annas, Prof H A Sukri Nyompa, Prof Uca, Prof Dr H Muhammad Arsyad, Prof Helmi Abdullah, dan Prof. M A Martawijaya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru