Program CSR Berkelanjutan, Karyawan XL Axiata Bangun Musala & Fasilitas Air Bersih

Tim Sindomakassar
Selasa, 03 Sep 2024 18:50
Program CSR Berkelanjutan, Karyawan XL Axiata Bangun Musala & Fasilitas Air Bersih
Karyawan XL Axiata melalui MTXL Axiata membangun Musala Taman Surga Thoriqotul Falah di Kampung Ciranca, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Foto/Dok XL Axiata
Comment
Share
LEBAK - Kepedulian manajemen dan karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) untuk ikut membantu mengatasi problem sosial dan memberikan kemudahan di area layanan terus berlanjut #JadiLebihBaik.

Kali ini, karyawan XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL Axiata) membangun Musala Taman Surga Thoriqotul Falah di Kampung Ciranca, Kecamatan Cijaku, dan fasilitas air bersih di Musholla Al Muhajirin, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, keduanya berada di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Peresmian wakaf pembangunan musala dilakukan bersama MTXL Axiata, Yayasan Masjid Nusantara, DKM, serta disaksikan oleh jamaah musala serta warga setempat pada Minggu (1/9). Di hari yang sama, MTXL Axiata bersama Rumah Zakat dan warga setempat juga meresmikan pembangunan fasilitas air bersih.

Pembiayaan untuk proyek pembangunan musala ini menggunakan dana wakaf, sedangkan untuk fasilitas air bersih menggunakan dana zakat dan infaq dari manajemen dan karyawan XL Axiata.

Ketua Majelis Taklim XL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, menyampaikan rasa syukur karena musala dan sarana air bersih telah selesai dibangun untuk kepentingan masyarakat desa dan sekitarnya. Suatu kebanggaan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kampung Ciranca dan Desa Bojong Menteng.

"Semoga musala dan fasilitas air bersih yang telah dibangun dan diresmikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," kata dia.

Yanuar menambahkan kegiatan ini berasal dari dana infaq, zakat, dan wakaf manajemen dan karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Karyawan dan manajemen XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program CSR yang berkelanjutan. Kini, XL Axiata membuktikan komitmennya, membangun musholla dan fasilitas air bersih di dua lokasi di Kabupaten Lebak, Banten.

Kegiatan pembangunan Musala Taman Surga Thoriqotul Falah bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan fasilitas ibadah yang lebih layak bagi masyarakat di lingkungan Kampung Ciranca. Musala itu sendiri awal mula dibangun pada 2004 dan belum pernah direnovasi.

Musala awalnya dibangun menggunakan bahan utama dari bambu dan kayu, kondisinya sudah lapuk dan tidak layak untuk digunakan. Hal itulah yang menjadi alasan utama MTXL Axiata bersama dengan Yayasan Masjid Nusantara melakukan pembangunan ulang musala ini mulai awal Juli 2024 menggunakan dana wakaf.

Sementara itu, kegiatan pembangunan fasilitas air bersih di Musala Al Muhajirin bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Desa Bojong Menteng. Pembangunan fasilitas air bersih ini mulai dilaksanakan pada akhir Mei 2024 dan rampung pada akhir Juni 2024.

Hingga diresmikannya fasilitas air bersih ini, sebanyak kurang lebih 50 kepala keluarga atau setidaknya ada sekitar 200 jiwa sudah dapat menggunakan fasilitas air bersih ini baik untuk kebutuhan beribadah maupun untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Zakat, infaq, dan wakaf sebagai salah satu program rutin MTXL Axiata menjadi sarana karyawan XL Axiata untuk ikut membantu mengatasi problem sosial masyarakat di area layanan XL Axiata, termasuk untuk membangun masjid dan sarana air bersih.

Dalam kesempatan yang sama, MTXL Axiata juga menyalurkan donasi untuk anak yatim piatu. MTXL Axiata berupaya terus sebar kebaikan untuk menjalin silaturahmi dengan kelompok masyarakat berbagai kalangan dan berbagai daerah.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru