Agenda Raker UIM Tahun 2023 Hadirkan Prof Mansyur Ramli

Tim Sindomakassar
Selasa, 28 Mar 2023 17:50
Agenda Raker UIM Tahun 2023 Hadirkan Prof Mansyur Ramli
Prof Mansyur Ramli yang merupakan Ketua umum Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Indonesia (APPERTI) Pusat saat hadir pada Raker Universitas Islam Makassar (UIM). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Islam Makassar (UIM) dalam rangka mewujudkan kampus Unggul, Qurani , dan Berkarakter, menggelar Rapat Kerja selama dua Selasa-Rabu (28-29/03/2023).

Raker yang mengangkat tema akselerasi kinerja perguruan tinggi untuk mewujudkan akreditasi unggul dihadiri seluruh civitas kampus. Serta menghadirkan keynote speaker Prof Mansyur Ramli yang merupakan Ketua umum Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Indonesia (APPERTI) Pusat sekaligus pembina Yayasan Al-Gazali Universitas Islam Makassar.



Prof Mansyur Ramli mengatakan, program merdeka belajar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Anwar Makarim, sangat tepat digunakan sebagai filosofi perubahan dari metode pembelajaran yang terjadi selama ini.

Karenadalam "Merdeka Belajar" kata dia, terdapat kemandirian (heutagogy) dan kemerdekaan bagi lingkungan pendidikan menentukan sendiri cara terbaik dalam proses Tantangan Pendidikan Era Society 5.0 akan meningkat lagi yakni era 6.0 metaversity.

"Pasca Covid-19 kita dipaksa memasuki cara kuliah baru melalui on line (cybergogy) saatnya kita kolaborasi (peeragogy), saling support satu bidang dengan bidang lain dan jalankan semua dengan hati yang ikhlas yakin dan percaya keberkahan dunia serta akhirat," katanya.

Prof Mansyur Ramli melanjutkan, Universitas Islam Makassar sudah menggunakan smart kampus, sisa lebih disempurnakan lietasi berbasis ICT (information, Communication, technology).

"Baik kurikulum, sumber daya manusia sampai transformasi pengembangan kampus berbasis ICT semua harus mampu beradaptasi dengan perubahan," katanya.



Rektor Universitas Islam Makassar DR Ir Hj Andi Majdah M Zain menyampaikan seiring bulan Ramadan 1444 Hijriah sebagai sarana intropeksi diri.

"Walau kita sudah melewati pandemi Covid-19 namun tetap perlu kewaspadaan yang sangat tinggi dari kita semua, dengan pola hidup sehat menjadi sangat penting tetap diperhatikan dalam kegiatan akademik di UIM," katanya.

Dirinya yakin semua ada hikmahnya dari cobaan Allah SWT menjadi pendorong yang sangat kuat dan memaksa semua untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi, khususnya teknologi informasi yang serba digital.

Antara lain rincinya, UIM telah memiliki sistem yang berbasis digital melalui smartcampus. "Melalui sistem tersebut seluruh Tri Dharma Perguruan Tinggi terekam dengan baik, pendidikan, pengajaran, maupun penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Ketua PW Muslimat NU Sulsel tersebut.



Majdah memastikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi smartcamus di UIM menunjukkan kemajuan dan capaian luar biasa dan akan terus ditingkatkan dan disempurnakan menyambut era 6.0 metaversity.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru