Koordinasi Kemenhub, Komisi V DPR Dorong Pelayaran Rute Makassar-Selayar Segera Beroperasi

Ahmad Muhaimin
Kamis, 30 Mar 2023 20:52
Koordinasi Kemenhub, Komisi V DPR Dorong Pelayaran Rute Makassar-Selayar Segera Beroperasi
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras bersama Menhub, Budi Karya Sumadi. Foto: Fraksi PPP
Comment
Share
MAKASSAR - Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras mendorong Dharma Lautan Utama (DLU) Makassar untuk bersiap menyambut mudik lebaran. Khususnya untuk rute Makassar-Selayar.

Saat ini, DLU Makassar tidak melayani pelayaran rute Makassar-Selayar. Dikarenakan moda transportasi KM Dharma Kartika III yang selama ini dipakai berlayar, sedang dalam perbaikan dan perawatan.

Aji Aras sapaannya berharap, DLU Makassar bisa memberikan kepastian kapan rute Makassar-Selayar bisa beroperasi lagi.

“Kita harus menyiapkan proses fasilitas kemudahan bagi masyarakat, tentu kalau misalnya tidak bisa berfungsi sampai (mudik), kita akan cari jalan keluar. Kita nanti minta supaya itu disiapkan alternatif, agar bisa melayani (lagi) di sana,” ucapnya.



Politisi PPP ini mengungkapkan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Muhammad Aras juga membuka opsi, untuk mengusulkan armada baru khusus untuk mengangkut pemudik.

“Kami akan minta ke Kemenhub untuk menyediakan armada yang ingin mudik di jalur itu,” kuncinya.

Belakangan ini, KM Dharma Kartika III berhenti berlayar untuk sementara waktu. Kondisi itu membuat warga yang biasa bepergian untuk rute Makassar-Selayar tak bisa menggunakan moda transportasi ini. Apalagi akan memasuki musim mudik.



Pelayaran KM Dharma Kartika III rute Makassar-Selayar sudah dimulai sejak April 2021. Moda transportasi ini menjadi alternatif yang memudahkan penumpang, yang langsung ingin tiba di Benteng, Selayar dari Pelabuhan Makassar.

Kapal jenis Roll On dan Roll Off (RoRo) ini membutuhkan waktu 9 sampai 10 jam untuk rute Makassar-Selayar, begitupun sebaliknya. Adapun daya tampungnya sekira 500 orang dengan kendaraan kisaran 30 unit.

Sebelumnya, jadwal KM Dharma Kartika III ialah seminggu sekali setiap hari Jumat untuk rute Makassar-Selayar, dan hari Selasa untuk rute Selayar-Makassar.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru