Pemprov Siapkan Mudik Gratis Khusus untuk 1.000 Mahasiswa

Gusti Ridani
Jum'at, 14 Apr 2023 17:12
Pemprov Siapkan Mudik Gratis Khusus untuk 1.000 Mahasiswa
Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah. Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Pemprov Sulsel melalui Dinas Perhubungan Sulsel bakal memberikan mudik gratis untuk 1.000 mahasiswa yang akan pulang ke kampung halamannya merayakan lebaran Idulfitri.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengatakan program bertujuan untuk membantu para mahasiswa. Selain itu, mudik gratis juga berfungsi menekan jumlah kendaraan pribadi saat mendekati hari raya Idulfitri.

"Untuk menekan jumlah kendaraan, meskipun kuotanya juga masih belum terlalu banyak," ujarnya, Jumat (14/4/2023).



Adapun rute mudik kali ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, start Kota Makassar menuju Kota Palopo, Luwu timur, Bulukumba, Selayar, Bone. Mudik gratis ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 April mendatang.

"Itu pelaksaannnya hanya berlangsung satu hari, untuk tanggal 20 April nanti, itu berdasarkan hasil berdiskusi dengan BEM masing-masing kampus," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pemberian mudik gratis ini diprioritaskan kepada para pelajar/mahasiswa.

Baca juga: Pengamat Sebut Usulan MTI Soal Larangan Mudik Naik Motor Tak Solutif

"Kita subsidi kendaraannya. Diprioritaskan untuk pelajar/mahasiswa yang mau balik, kita siapkan armadanya seperti tahun lalu," kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman mengatakan, sebelum masa mudik tiba, pemprov akan memperhitungkan lebih dahulu berapa kebutuhan kendaraan bagi mahasiswa dan pelajar. Harapannya, ini bisa menjadi solusi mudik murah dan bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

”Yang paling penting sebenarnya, kami harus siapkan beberapa bus untuk mudik nanti. Supaya tidak banyak kendaraan di jalanan, terlebih banyak mahasiswa yang buru-buru pulang,” terangnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru