Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Landa Sejumlah Wilayah di Sulsel

Ansar Jumasang
Senin, 13 Feb 2023 10:53
Peringatan Dini BMKG, Cuaca Ekstrem Landa Sejumlah Wilayah di Sulsel
Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca, di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Foto: BMKG
Comment
Share
MAKASSAR - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca, di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Plh BMKG Wilayah IV Makassar, Kamal A mengatakan potensi hujan sangat lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi akan menerjang Sulsel hingga Kamis (16/2/2023) mendatang.

"Terpantau adanya tekanan rendah (Low Pressure Area) di wilayah Australia bagian utara yang menginduksi kecepatan angin yang membentuk daerah konvergensi. Intensitas lebat - sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulsel," jelasnya, Senin (13/2/2023).



BMKG mengimbau agar masyarakat terus waspada dan sigap dalam menghadapi banjir dan longsor. Diharapkan para pemangku kepentingan dan masyarakat dapat meningkatkan kesigapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Diantaranya banjir atau genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran," ucapnya.

Berikut ini wilayah di Sulsel yang berpotensi dilanda hujan lebat - sangat lebat dan angin kencang.

Pertama yakni Pinrang, Parepare, Sidrap, Soppeng, Barru, Pangkajene dan kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Bone, Sinjai, Bulukumba, Bataeng, Jeneponto, serta Kepulauan Selayar.

Sementara, dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Paotere Makassar berpotensi diguyur hujan Senin, (13/2/2023).

Fachruddin Lubis, prakirawan BMKG Paotere Makassar menjelaskan hujan akan mengguyur Makassar sepanjang hari ini dengan intensitas yang berbeda-beda.

"Sepanjang hari ini diprediksi akan hujan. Pagi sudah ada wilayah di Makassar yang diguyur hujan dengan intensitas ringan. Siang hingga sore harinya intensitas hujannya bertambah menjadi sedang. Namun malam harinya intensitas berkurang ke kategori ringan," jelasnya.



Suhu udara hari ini lebih tinggi dari kemarin yang mencapai titik terendah 24⁰C dan maksimumnya 31⁰C. Sementara kelembapan udara juga lebih tinggi dari hari sebelumnya berkisar persen 70 hingga 93 persen.

BMKG Paotere juga mencatat arah angin yang berhembus berbeda dari hari sebelumnya. Pantauan BMKG hari ini angin berhembus dari barat daya ke barat laut.

"Arah angin yang berbeda dari hari sebelumnya juga diikuti kecepatan angin yang sama dengan kemarin 10 sampai 40 kilometer per jam," lanjutnya.

BMKG Makassar juga mencantumkan ketinggian gelombang di perairan Makassar lebih mencapai 1 hingga 1,5 meter.

(RPL)
Berita Terkait
Berita Terbaru