Dua CJH Batal Berangkat, Enam dari Embarkasi Makassar Tertunda

Najmi S Limonu
Selasa, 06 Jun 2023 22:19
Dua CJH Batal Berangkat, Enam dari Embarkasi Makassar Tertunda
Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Makassar saat berada di Asrama Haji Sudiang. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAKASSAR - Dua Calon Jemaah Haji (JCH) terpaksa batal berangkat haji pada periode pemberangkatan haji tahun ini. Serta 6 CJH dari Embarkasi Makassar ditunda keberangkatannya akibat faktor kesehatan.

Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Agus Jamaluddin mengatakan, kasus kesehatan CJH tersebut tidaklah sama. Ada diantaranya yang telah mengalami patah tulang karena terjatuh di sekitar lokasi asrama haji, serta ada juga karena persoalan pneumonia.



"Enam jemaah ini ada yang pneumonia, ada juga yang patah kaki akibat jatuh, dan sementara proses pemulihan dan ada juga vaksinnya belum lengkap, jadi harus menunggu dulu. Sembari mereka menunggu pemberangkatan, mereka juga menunggu masa pemulihan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (6/6/2023).

Dia menyebutkan, jemaah ini tetap akan diberangkatkan, hanya saja menunggu kursi yang kosong.

"Setelah kondisinya membaik, maka akan diberangkatkan dengan kloter selanjutnya," kata dia.

Terkait pemeriksaan kesehatan CJH yang dilakukan di lokasi asrama haji, pihaknya menemukan beberapa kasus kesehatan. Seperti jemaah yang diare akibat mengonsumsi makanan basi yang dibawa dari daerah asalnya.



"Kondisi Jemaah masih terbilang stabil, namun ada beberapa kasus jemaah asal daerah ada yang diare setibanya di sini. Tapi setelah ditelurusi ternyata akibat mengonsumsi makanan yang dibawa dari daerah asal yang ternyata sudah basi," terangnya.

Ada pula jemaah yang punya penyakit bawaan seperti hipertensi, jantung, kolesterol diabetes dan lain sebagainya.

"Namun kita imbau, agar jemaah bisa melakukan kontrol ke petugas kesehatan jika ada waktu luang," terangnya.

Agus juga mengingat kepada jemaah yang akan berangkat untuk istirahat yang cukup sehingga tetap fit saat menjalankan ibadah.



"Selalu melakukan perilaku hidup sehat, mandi, gosok gigi, cuci tangan tidak meludah sembarangan saat menjalankan ibadah," ujarnya.

Agus menjelaskan, suhu di Mekkah sanggat tinggi sehingga dianjurkan perbanyak minim air putih, satu gelas tiap jam.

Dia menambahkan agar jemaah selalu mengonsumsi makanan yang disediakan PPIH Arab Saudi sesuai dengan jam makannya.

Sementara itu, Subag Humas dan Informasi PPIH Embarkasi Makassar, Mawardi menyebutkan, hingga gelombang pertama telah diberangkatkan, ada dua CJH yang batal berangkat karena hamil.

"Ada dua yang hamil satu dari Bone dan satu lainnya dari Manokwari. Keduanya batal berangkat untuk tahun ini. Dan akan kembali di berangkatkan tahun berikutnya," tutupnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru