Tiga Petahana KPU di 3 Daerah Gagal Lolos Tes Tertulis & Psikologi

Ahmad Muhaimin
Senin, 19 Jun 2023 12:00
Tiga Petahana KPU di 3 Daerah Gagal Lolos Tes Tertulis & Psikologi
Anggota Timsel KPU Sulsel 4. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - Tim seleksi (Timsel) KPU Sulsel 4 mengumumkan 20 besar calon anggota KPU untuk Kabupaten Bantaeng, Sinjai dan Kota Palopo. Mereka yang lolos telah mengikuti tes tertulis dan psikologi.

Dari 9 petahana KPU yang dinyatakan lolos berkas, ada 3 orang yang terpental. Sisanya dinyatakan lulus dari ujian Computer Assisted Test (CAT), Essay dan Psikologi.

Ketiga petahana KPU yang gugur ialah Lukman dan Ansar Tuba dari KPU Bantaeng, serta Surahman dari KPU Palopo.

Sementara ketujuh petahana yang tetap bertahan ialah Awaluddin dari KPU Sinjai, Agusliadi dan Kasmawati dari KPU Bantaeng, kemudian Abbas, Efendi Samaila dan Iswandi Ismail dari KPU Palopo.



Anggota Timsel KPU Sulsel 4, Moh Maulana mengatakan hasil psikotes secara spesifik, dari total peserta yang di rekomendasikan. Ialah Bantaeng 5 orang, Sinjai 4 orang dan Palopo 6 orang.

“Sementara yang tidak direkomendasikan ialah Bantaeng 12 orang, Sinjai 14 orang dan Palopo 16 orang,” kata Maulana.

“Iya, seluruh yang lolos dalam psikotes, masuk ke 20 besar. Yang tidak lolos psikotes walaupun memiliki nilai CAT dan Essay yang tinggi, tetap dinyatakan tidak lolos,” sambungnya.

Pada masing-masing 20 besar calon anggota KPU yang dinyatakan lolos, semuanya tidak memenuhi kuota keterwakilan 30 persen perempuan. Rinciannya ialah Bantaeng dan Palopo hanya 10 persen dan Sinjai 20 persen.

“Untuk yang 20 besar, selain yang direkomendasikan dari hasil psikotes, yang di pertimbangkan dari hasil psikotes juga telah di lakukan perangkingan CAT dan Essay,” ujarnya.



Maulana melanjutkan, untuk tahapan selanjutnya ialah agenda tes kesehatan. Jadwalnya direncanakan pada Senin sampai dengan Selasa atau 19 sampai 20 Juni 2023, di RS Pelamonia Makassar.

“Di rentang waktu ini juga, kami membuka tanggapan masyarakat sekenaan dengan rekam jejak calon Anggota KPU yang lolos di tahap 20 besar ini,” jelas Maulana.

Adapun beberapa komisioner Bawaslu juga menyeberang ke KPU dan lolos 20 besar. Diantaranya ialah Muhammad Rusmin dan Ahmad Ismail dari Sinjai, Muhammad Saleh dari Bantaeng, serta Ahmad Ali dan Asbudi Dwi Saputra dari Palopo.

Anggota KPU Bantaeng, Agusliadi masih ingin melanjutkan pengabdiannya sebagai penyelenggara Pemilu. “Iya, saya mendaftar lagi. Mohon do’anya,” singkatnya.
(UMI)
Berita Terkait
Bawaslu Maros Temukan Pemilih Disabilitas Tidak Terdata dalam Coklit
Sulsel
Bawaslu Maros Temukan Pemilih Disabilitas Tidak Terdata dalam Coklit
Bawaslu Kabupaten Maros telah melakukan pengawasan ketat terhadap proses pencocokan dan penelitian (coklit). Berdasarkan hasil pengawasan ini, ditemukan beberapa catatan penting terkait pemilih disabilitas yang belum terdata dengan baik oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih).
Senin, 08 Jul 2024 19:15
KPU Sulsel Akan Bawa Debat Pilgub ke Daerah, Tidak Ada Makassar
Sulsel
KPU Sulsel Akan Bawa Debat Pilgub ke Daerah, Tidak Ada Makassar
KPU Sulsel mulai merancang rencana debat untuk Pilkada dan Pilgub 2024. KPU Kabupaten/kota diminta untuk menggelar tahapan ini di wilayah masing-masing.
Senin, 08 Jul 2024 17:31
Pastikan Data Akurat, Pantarlih di Jeneponto Lakukan Coklit Sampai ke Kuburan
Sulsel
Pastikan Data Akurat, Pantarlih di Jeneponto Lakukan Coklit Sampai ke Kuburan
Perjuangan seorang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang harus melakukan pendataan di kuburan di Desa Bontolebang, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto.
Senin, 08 Jul 2024 14:28
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Sulsel
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan serentak 2024 beberapa titik di Kecamatan Binamu, Turatea, Batang dan Arungkeke Jeneponto.
Minggu, 07 Jul 2024 16:23
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Sulsel
4 Kasus Pidana Pemilu di Luwu Timur Telah Inkracht
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sukmawati Suaib mengungkapkan ada empat kasus pidana pemilu yang telah mendapatkan putusan berkekuatan hukum tetap atau inkracht.
Minggu, 07 Jul 2024 13:01
Berita Terbaru