9 Petahana Calon Komisioner KPU di 3 Daerah Lolos Berkas

Ahmad Muhaimin
Selasa, 06 Jun 2023 10:04
9 Petahana Calon Komisioner KPU di 3 Daerah Lolos Berkas
Timsel KPU Sulsel 4. Foto: Humas KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak 143 calon komisioner KPU di 3 kabupaten/kota dinyatakan lolos berkas. Ketiga daerah itu ialah Bantaeng, Sinjai dan Kota Palopo.

Kota Palopo paling banyak yang dinyatakan lolos berkas yakni 54 orang. Disusul Kabupaten Sinjai 52 orang dan Bantaeng 37 orang.

“Mereka yang diumumkan ialah hasil seleksi administrasi. Mereka dinyatakan berhak mengikuti tahapan selanjutnya,” kata Anggota Timsel KPU Sulsel 4, Moh Maulana pada Senin (5/6) kemarin.



Maulana mengatakan, mereka yang dinyatakan lolos berkas akan mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi. Seleksi tertulis dijadwalkan pada Rabu, 7 Juni 2023 di Ruang ICT Gedung Phinisi UNM.

“Sementara tes psikologi akan dilaksanakan pada Kamis sampai Rabu atau 8 sampai 14 Juni 2023. Waktu dan tempat akan diinformasikan kemudian,” ujarnya.
Dari 143 calon komisioner KPU tersebut, terdapat 9 petahana yang maju lagi. Di Sinjai hanya satu orang yakni Awaluddin.

Sementara di Bantaeng ada empat orang petahana yang maju lagi yakni Agusliadi, Lukman, Kasmawati dan Ansar Tuba. Di Kota Palopo juga empat petahana yakni Abbas, Efendi Samaila, Iswandi Ismail dan Surahman.

Anggota KPU Bantaeng, Agusliadi membenarkan bahwa ia bersama tiga rekannya maju lagi untuk periode kedua. “Iya, empat orang mendaftar lagi. Mohon do’anya,” singkatnya.


Bukan cuma itu, beberapa komisioner Bawaslu juga menyeberang ke KPU. Tiga anggota Bawaslu Palopo kompak mengikuti seleksi KPU.

Mereka diantaranya ialah Ketua Asbudi Dwi Saputra, Sitti Aisyah dan Ahmad Ali. “Kita ikhtiar saja mengabdikan diri,” singkatnya.

Di Sinjai, anggota Bawaslu yang mendaftar ialah Ahmad Ismail dan Saifuddin. Sementara di Bantaeng ada Muhammad Saleh.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru