Server PPDB Bermasalah, Siswa Dinyatakan Tidak Lulus

Gusti Ridani
Senin, 26 Jun 2023 10:35
Server PPDB Bermasalah, Siswa Dinyatakan Tidak Lulus
Masalah server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terjadi lagi. Beberapa hari kebelakangan, pendaftar menghadapi banyak problem. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Masalah server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terjadi lagi. Beberapa hari kebelakangan, pendaftar menghadapi banyak problem.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Disdik Sulsel) mengumumkan hasil PPDB tahun ajaran 2023/2024 tingkat SMA/SMK Negeri se-Sulawesi Selatan, Sabtu (24/6) lalu.



Awalnya peserta mendapatkan konfirmasi kelulusan di sekolah yang dituju melalui email. Namun, saat dicek ulang, nama mereka tidak lagi terdaftar.

Salah satu orang tua siswa, Nurjannah mengaku anaknya telah mendaftar secara online di SMAN 21 Makassar, dan dinyatakan lulus pada pengumuman (23/6) lalu.

Saat hendak mendaftar ulang, namanya tidak lagi ada, panitia menyebut siswa tersebut dinyatakan tidak lulus. Nurjannah pun sudah melayangkan protes lewat pengaduan yang disiapkan Disdik Sulsel. Sayangnya, tidak ada tanggapan.

"Kemarin dinyatakan lulus, pas mau daftar ulang pihak sekolah bilang tidak lulus. Kita melapor, tapi tidak ada yang bisa jelaskan keluhan orang tua siswa," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin mengatakan, bahwa sebelumnya terjadi kesalahan teknis dalam prosesnya.

Pihaknya pun meminta maaf atas kesalahan teknis dalam sistem PPDB sebelumnya. Namun Disdik Sulsel akan terus berbenah untuk perbaikan sistem yang lebih baik.



“Jadi pengumuman pertama itu salah pembacaannya, makanya di benahi aplikasi. Supaya pembacaannya itu dalam merengking siswa sesuai dengan juknis,” jelasnya, Minggu (25/6/23).

Ia menegaskan pengumuman hari ini, Minggu (25/6) merupakan hasil akhir yang sudah sesuai juknis PPDB. “Dan pengumuman resmi hari Minggu ini yang benar sesuai juknis,” pungkasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru