Maccini Sombala Wakili Sulsel pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

Gusti Ridani
Rabu, 05 Jul 2023 11:09
Maccini Sombala Wakili Sulsel pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional
Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulsel kembali digelar. Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar keluar sebagai juara pertama lomba kelurahan dengan skor 90,60. Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sulsel kembali digelar. Maccini Sombala Kecamatan Tamalate Kota Makassar keluar sebagai juara pertama lomba kelurahan dengan skor 90,60. Sedangkan untuk Desa dimenangkan oleh Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai dengan skor 91,16.

Penilaian tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 2141/VII/Tahun 2023 tertanggal 3 Juli 2023. Selanjutnya, masing-masing desa dan kelurahan terbaik di Sulsel itu akan mengikuti lomba serupa tingkat nasional.

Panelis Penilaian lomba desa dan kelurahan Dinas PMD Sulsel, Prof Murtir Jeddawi mengatakan bahwa penilaian dalam lomba desa dan kelurahan terbaik itu terdiri dari penilaian administrasi, penilaian lapangan dan wawancara.



"Tahapan wawancara ini bertujuan untuk mengetahui kepasitas kepala desa maupun lurah dan perangkatnya untuk mengaplikasikan manajerial pemerintahan, pengecekan apa yang mereka telah lakukan, dengan arah segala program itu berkesinambungan," ujarnya, Selasa (4/7/23).

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Muh Saleh menuturkan, prinsip e-government pada tingkat desa maupun kelurahan sendiri merupakan wujud tata kelola pemerintahan yang bagus.

Sehingga, perlombaan ini menitikberatkan pada bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kemasyarakatan, inovasi dan pengembangan potensi desa dan kelurahan. Serta implementasi e-government dalam rangka mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik.

"Kita berharap desa maupun kelurahan yang mewakili Sulsel, itu telah menerapkan prinsip-prinsip e-goverment yang baik, tata kelola pemerintahan yang bagus. Terkait dengan potensi dan inovasi desanya, mudah-mudahan bisa memotivasi desa atau kelurahan lain di Sulsel," ucap Saleh.

Adapun Lurah Maccini Sombala, Saddam Musma menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas terpilihnya Maccini Sombala sebagai juara pertama lomba kelurahan tingkat provinsi.

"Pemenuhan standar dan indikator dalam penilaian merupakan keterlibatan kita semua," ungkapnya.



Maccini Sombala, kata Saddam Musma merupakan wadah dalam penerapan kelurahan yang ideal yang dipandang dari berbagai aspek. Baik itu dari kemasyarakatan, kebudayaan, inovasi, dan program pemerintah kota lainnya.

"Ini yang sementara kita terapkan secara efektif di Kelurahan Maccini Sombala," ujar Saddam.

Terpilih sebagai juara pertama tingkat provinsi, Saddam Musma optimistis bisa kembali meraih juara di tingkat nasional dan mengharumkan nama Sulsel.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru