Galung Maloang Masuk 10 Besar Nominasi Kelurahan Pangan Aman Nasional

Darwiaty Dalle
Kamis, 09 Mar 2023 20:00
Galung Maloang Masuk 10 Besar Nominasi Kelurahan Pangan Aman Nasional
Tim Verifikasi lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Pangan Aman, saat diterima di ruang pola balai kota oleh Pemkot Parepare, Kamis (9/3/2023). Foto: Sindo Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare menerima Tim Verifikasi lapangan lomba desa/kelurahan pangan aman, Kamis (9/3/2023), di ruang data balai kota. Kegiatan dihadiri 14 SKPD lingkup Pemkot Parepare dari Gabungan Dinas Pangan Aman (Gadis Paman).

Asisten II Pemkot Parepare, Suriani mengatakan, kedatangan tim verifikasi lomba ini menyusul masuknya Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki dalam 10 besar nominasi Desa/Kelurahan Pangan Aman tingkat nasional.

"Tim verifikasi lapangan hadir untuk melihat kondisi dokumen yang ada yang telah kita kirim sebelumnya pada tahapan wawancara, untuk mengecek dengan kondisi di lapangan yang ada," jelasnya.

Menurut Suryani, masuknya Galung Maloang dalam 10 besar, karena berhasil mereplikasi dan menghidupkan program-program Pangan Aman yang ada di Kelurahan Lompoe. Di mana pada 2021 Kelurahan Lompoe berhasil meraih Kelurahan Pangan aman terbaik tingkat nasional.

Pihaknya, kata Suryani, berharap agar Galung Maloang bisa membawa harus nama Parepare dalam event tersebut, bisa mendulang prestasi yang pernah diraih Kelurahan Lompoe sebagai peraih juara pertama di ajang yang sama, pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi, Sugiatmi dalam sambutannya mengemukakan, verifikasi lapangan merupakan tahapan akhir seleksi, untuk mengecek implementasi program-program yang dipresentasikan pada tahapan wawancara.

Pihaknya, kata Sugiatmi, melakukan verifikasi penerapan keamanan pangan untuk komunitas kantin sekolah, Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), Ibu Rumah Tangga, Pelaku Usaha Pangan Siap Saji (PKL), dan ritel/warung. Selain itu, dilakukan kunjungan pula ke Sekretariat Keamanan Pangan Kelurahan Galung Maloang.

Sekadar diketahui, Kelurahan Galung Maloang akan bersaing dengan sembilan kelurahan dan desa lain dari sejumlah provinsi lainnya, di antaranya, Kelurahan Pancoran Jakarta, Kelurahan Jeruk Wudel Yogyakarta, Desa Randusari Semarang, Desa Mekong Pekanbaru, Desa Karang Bunga Banjarmasin, Desa Lubuk Cuik Medan, Desa Maelang Manado, Desa Tanjung Lay Pontianak, Desa Tengin Baru Samarinda.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru