Komisi I DPR RI Apresiasi Kodam XIV/Hasanuddin Proaktif Dukung Pengamanan Pemilu 2024

Tim Sindomakassar
Selasa, 18 Jul 2023 21:21
Komisi I DPR RI Apresiasi Kodam XIV/Hasanuddin Proaktif Dukung Pengamanan Pemilu 2024
Komisi I DPR RI memberikan apresiasi terhadap Kodam XIV/Hasanuddin yang dinilai proaktif dalam mendukung kesiapan pengamanan Pemilu 2024. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, didampingi para pejabat utama (PJU) Kodam, menerima kunjungan kerja reses Tim Komisi I DPR RI, yang diketuai oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, di Makodam XIV/Hasanuddin Kota Makassar. Senin (17/07/2023).

Pada kesempatan ini, Pangdam memaparkan tentang kesiapan Kodam XIV/Hasanuddin dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024. Hal pokok dalam pemaparan tersebut yakni penjelasan tentang kondisi wilayah dan satuan Kodam XIV/Hasanuddin.



Selanjutnya tentang pedoman netralitas TNI dalam Pemilu, baik penekanan dari Panglima TNI, Kasad hingga Pangdam. Selain itu Mayjen Totok juga menyampaikan terkait penyiapan personel, materiil dan kegiatan yang telah dilakukan Kodam XIV/Hasanuddin dalam mendukung pengamanan Pemilu.

Demikian pula pendataan Indeks kerawanan, data-data pemilu dan pemetaan kelompok rentan Pemilu, rencana pelibatan Kodam dalam setiap tahapan Pemilu serta langkah pro aktif Kodam XIV/Hasanuddin dalam kesiapan pengamanan Pemilu 2024.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis selaku ketua tim menyampaikan tujuan kunjungan kerjanya ini untuk melihat dari jarak dekat, seperti apa kesiapan pengamanan Pemilu di 2024. Dari hasil pemaparan Pangdam, ia pun mengapresiasi langkah proaktif Kodam XIV/Hasanuddin dalam kesiapan pengamanan Pemilu 2024.

"Tadi sudah dijelaskan oleh Bapak Pangdam sudah sangat detail sekali. Pemaparan Pangdam sangat komprehensif dan mampu menggambarkan kesiapan Kodam XIV/Hasanuddin dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024," ungkapnya.

"Kodam XIV/Hasanuddin cukup banyak memiliki kegiatan yang penuh inovasi, terobosan baru dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat maupun prajuritnya sendiri," sambungnya.

Ketika ditanya terkait apresiasi atau kepemimpinan Pangdam XIV/Hasanuddin, ia mengaku Kodam XIV/Hasanuddin sampai saat ini masih menjadi salah satu Kodam yang paling bagus.



"Wah ini memang salah satu Kodam yang paling bagus, apresiasi kami, tadi semua mengalir waktu rapat dari semua anggota (Komisi I). Kodam ini termasuk Kodam yang paling bagus," tuturnya.

Selain melaksanakan RDP, Tim Komisi I DPR RI berkesempatan meninjau kesiapan personel dan alutsista satuan Kodam XIV/Hasanuddin, khususnya dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024, meninjau program ketahanan pangan, tanaman hidroponik, bioflok, peresmian 30 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahap IV dan penyerahan kunci rumah serta launching slogan Pemilu damai "Rukun Guyub" untuk NKRI, yang merupakan inovasi Mayjen Totok dalam mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai.
(TRI)
Berita Terkait
Meity Rahmatia Dipercaya Jabat Unsur Pimpinan Fraksi PKS MPR RI
News
Meity Rahmatia Dipercaya Jabat Unsur Pimpinan Fraksi PKS MPR RI
Politisi perempuan asal Sulsel, Meity Rahmatia terpilih sebagai salah satu unsur pimpinan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.
Kamis, 03 Okt 2024 23:25
Andi Amar Ungkap Pesan Ibu: Bapak Bukan Hanya Milik Kita, Ikhlaskan Beliau Jadi Milik Bangsa
News
Andi Amar Ungkap Pesan Ibu: Bapak Bukan Hanya Milik Kita, Ikhlaskan Beliau Jadi Milik Bangsa
Andi Amar menyampaikan ungkapan terimakasih kepada kedua orang tua, istri, saudara, keluarga serta seluruh pihak yang telah membantu dirinya sekecil apapun hingga mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menjadi wakil rakyat di periode ini.
Kamis, 03 Okt 2024 15:22
Resmi Dilantik DPR RI, Meity Rahmatia Ucapkan Terima Kasih kepada Tim dan Pendukung
News
Resmi Dilantik DPR RI, Meity Rahmatia Ucapkan Terima Kasih kepada Tim dan Pendukung
Politisi PKS, Hj Meity Rahmatia resmi dilantik sebagai anggota anggota DPR RI pada Selasa, 1 Oktober 2024 hari ini.
Selasa, 01 Okt 2024 16:35
DPR RI Dukung Pertamina Gencarkan BBM Ramah Lingkungan di Sulawesi
News
DPR RI Dukung Pertamina Gencarkan BBM Ramah Lingkungan di Sulawesi
DPR RI Komisi VII yang dipimpin oleh Andi Yuliani Paris melakukan kunjungan kerja spesifik ke PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi di Kota Makassar, Jumat (20/9) pekan lalu.
Senin, 23 Sep 2024 18:00
Gakkumdu Makassar Raih Penghargaan Terbaik Pertama se-Indonesia pada Award 2024
Makassar City
Gakkumdu Makassar Raih Penghargaan Terbaik Pertama se-Indonesia pada Award 2024
Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Makassar berhasil meraih penghargaan Kategori Fasilitasi terbaik pertama pada kegiatan Gakkumdu Award 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI di Ancol Beach City International Stadium pada Kamis (19/09/2024).
Kamis, 19 Sep 2024 23:31
Berita Terbaru