Gubernur Sulsel Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

Gusti Ridani
Senin, 14 Agu 2023 15:04
Gubernur Sulsel Wujudkan Kerukunan Umat Beragama
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan silaturahmi dengan umat Hindu Sulawesi Selatan di Pura Giri Nata Makassar, Minggu, (13/8/23). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, melakukan kunjungan silaturahmi dengan umat Hindu Sulawesi Selatan di Pura Giri Nata Makassar, Minggu, (13/8/23).

Andi Sudirman mengatakan, kunjungan itu dalam rangka Hari Raya Galungan dan Kuningan. Silaturahmi juga untuk memastikan semua kebutuhan dan hal-hal yang diharapkan umat Hindu kepada Pemprov Sulsel.



"Termasuk memupuk silaturahmi kerukunan antar umat," kata Andi Sudirman.

Ia mengapresiasi segenap umat Hindu di Sulsel yang secara progresif menjadi contoh yang baik bagi kerukunan masyarakat dalam beragama. Begitu juga peran serta mereka dalam membantu pemerintah selama masa Pandemi Covid-19 kemarin.

"Banyak umat dari sini (Hindu) yang membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai dari kepala bidang, tentu banyak sekali membantu kita di bidang perdagangan luar negeri," tukasnya.

Ketua Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulsel, Gede Durahman mengungkapkan kebahagiaan yang dirasakan oleh pihaknya setelah gubernur merealisasikan silaturahmi atau simakrama dalam rangka Hari Raya Galungan dan Kuningan.

"Beberapa kali kita sudah jadwalkan tapi beliau sangat padat jadwalnya. Kepentingan ini adalah murni untuk pembinaan, tidak ada unsur politik praktis," terangnya.

Durahman menyebut, bahwa posisi gubernur ialah sebagai Guru Wisesa yang dalam konteks catur guru artinya adalah guru dalam bidang pemerintahan yang patut dihormati.



"Hari ini silaturahmi untuk memastikan bahwa kondisi umat Hindu di Sulsel dalam keadaan baik. Dan beliau punya tanggung jawab dengan itu. Selanjutnya, semoga kita tetap dalam keadaan rukun damai di lingkungan masing-masing, itulah harapan kita bersama," bebernya.

Saat ini, kata dia, ada sebanyak 135 ribu umat Hindu dari berbagai etnis di Sulsel. Itulah yang perlu dibina agar dapat menciptakan kehidupan bermasyarakat yang kondusif.

"Ada di Makassar, Lutra, Lutim, Maros, Pangkep, Sidrap ada Hindu Tolotang, Toraja ada Hindu Alukta," tandasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru