Pertamina Tambah Pasokan BBM & LPG hingga 15 Persen Jelang Lebaran Idul Fitri

Tim Sindomakassar
Jum'at, 29 Mar 2024 13:45
Pertamina Tambah Pasokan BBM & LPG hingga 15 Persen Jelang Lebaran Idul Fitri
Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, memaparkan ketersediaan BBM dan LPG selama Ramadan dan Idul Fitri. Foto/Maman Sukirman
Comment
Share
MAKASSAR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah menyiapkan strategi alias jurus untuk menjamin stok LPG dan BBM, termasuk Avtur senantiasa aman saat momen lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Salah satunya dengan menambah pasokan, sesuai dengan proyeksi yang telah ditetapkan.

"Kami berkomitmen menjaga ketersediaan BBM dan LPG untuk menjamin kebutuhan masyarakat," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto, saat konferensi pers di salah satu kafe di Kota Makassar, Kamis (28/3/2024).

Pertamina telah mengkalkulasi perihal adanya lonjakan konsumsi, khususnya menjelang dan saat Lebaran Idul Fitri. Toh, masa itu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau bersilaturahmi maupun memasak kuliner untuk hari raya.

Untuk itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi mempersiapkan diri masa libur maupun setelah lebaran Idul Fitri.

Untuk Gasoline, seperti Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo diprediksi konsumsinya naik 3,1 persen. Lalu untuk BBM jenis Gasoil, seperti Solar, Dexlite, dan Dex diperkirakan naik 2 persen.

Adapun untuk sektor rumah tangga, Pertamina memperkirakan bakal ada kenaikan permintaan 8 persen untuk LPG dan 3 persen untuk LPG 3 Kg.

Sedangkan untuk konsumsi Avtur, Pertamina memproyeksikan adanya peningkatan sebesar 5,59 persen dari rata-rata normal. Hal itu terjadi seiring meningkatnya frekuensi penerbangan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Guna menjaga keandalan stok BBM dan LPG, serta Avtur, Pertamina siap melakukan penambahan stok sebesar 10 sampai 15 persen.

Pertamina juga terus melakukan monitoring, serta menjalin koordinasi dengan pihak terkait mengenai ketersediaan BBM, LPG dan Avtur selama momem Lebaran Idul Fitri.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru