Siswa SMAK Pelita Kasih Dibekali Rencana Karir Profesional Sejak Dini

Tim Sindomakassar
Senin, 20 Mei 2024 13:32
Siswa SMAK Pelita Kasih Dibekali Rencana Karir Profesional Sejak Dini
Universitas Ciputra (UC) Makassar sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Smart Career Planning With Ikigai for a Bright Future. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Universitas Ciputra (UC) Makassar sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Smart Career Planning With Ikigai for a Bright Future” yang bekerja sama dengan SMAK Pelita Kasih.

Acara ini didasarkan pada keyakinan bahwa setiap individu harus memiliki persiapan matang dalam memilih karir sejak dini. Oleh karena itu, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membekali siswa SMAK Pelita Kasih dengan ilmu Ikigai sebuah konsep perencanaan karir dari Jepang.



Ikigai bertujuan untuk menggali prospek karir masa depan seseorang dengan mengaitkan hal-hal yang mereka sukai dengan apa yang dibutuhkan dunia. Bahkan para mahasiswa dengan semangat IPE (Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship) menjadi pedoman mereka melaksanakan tugas ini.

PKM ini diadakan untuk siswa kelas 10 dan 11 SMAK Pelita Kasih dengan harapan para siswa dapat mendalami diri mereka dan mempersiapkan karir di usia dini. Diharapkan, pengalaman ini dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan implementasi kecil yang membantu meraih karir impian mereka.

Acara ini berlangsung di SMAK Pelita Kasih, Jalan Monginsidi Baru Nomor 23 Makassar, Bara-Baraya Selatan, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, dari pukul 09:00 hingga 12:00 WITA.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh sepuluh mahasiswa UC Makassar dari berbagai spesialisasi jurusan, yaitu: Anastasya Putri Haeruddin, Denis Hartanto, Denny Eka Axelito, Evi Jayanti Yonardi, Muhammad Azhwan Calvin, Muhammad Fauzan Syarief, Muhammad Rifqi Eridsyah Fachrozy, Muhammad Sa’ad Trisnawijaya, Nicholas Alexander, dan Yudha Ari Wijaya. Para mahasiswa ini didampingi oleh satu dosen UC Makassar, yaitu Justin Wijaya.



Justin Wijaya mengatakan, selain memberikan teori mengenai konsep Ikigai, para mahasiswa juga membimbing siswa SMAK Pelita Kasih dalam workshop untuk membuat Ikigai unik mereka sendiri yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan dilaksanakannya program PKM ini, para mahasiswa UC Makassar berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman diri para siswa sehingga mereka dapat memilih jalur karir yang paling tepat,"katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru