Trik Bernardo Tavarez Mejaga Kebugaran Pemain PSM Makassar saat Ramadan

Luqman Zainuddin
Selasa, 28 Mar 2023 11:55
Trik Bernardo Tavarez Mejaga Kebugaran Pemain PSM Makassar saat Ramadan
Skuad PSM Makassar akan menjalani pertandingan di bulan Ramadan. Foto: Liga Indonesia Baru
Comment
Share
MAKASSAR - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavarez memiliki trik khusus menjaga kebugaran para pemainnya tatkala harus tetap menjalani pertandingan di bulan Ramadan.

Bernardo sendiri punya pengalaman melatih selama bulan Ramadan. Pengalaman itu ia dapatkan ketika melatih di Oman bersama Al Nahda pada medio 2014-2015 lalu.

“Saya sebelumnya sudah mempunyai pengalaman melatih dan bekerja di negara Arab. Saya kira kita harus betul-betul mengontrol energi mereka, karena mereka tidak bisa makan dan minum secara normal,” kata Bernardo dikutip dari website Liga Indonesia Baru, Selasa (28/3/2023).



Bernardo mengakui pun sudah berkomunikasi dengan pemain PSM Makassar terkait program latihan selama Ramadan. Menurut dia, para pemainnya tak ada yang mempersoalkan.

“Tentunya kebiasaan-kebiasaan mereka saya kira tidak ada masalah. Saya akan mengontrol itu,” imbuhnya.

Sementara itu, pemain andalan PSM Makassar, Wiljan Pluim mengakui timnya menghadapi tantangan yang cukup berat selama bulan Ramadan.



Sebab, mereka akan dihadapkan dengan tim-tim yang cukup tangguh seperti Madura United FC, PSIS Semarang, dan Borneo FC di tengah upaya PSM Makassar merengkuh gelar juara musim ini.

“Kita akan menjalani pertandingan berat, yang sulit dan pertandingan ini tidak berbeda dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya,” ungkapnya.

Kendati demikian, pemain asal Belanda itu menegaskan bahwa tim akan bekerja keras menghadapi tantangan tersebut demi segera memastikan gelar juara musim ini.

Baca juga: Ini Dilakukan Panpel PSM Makassar Antisipasi Over Kapasitas Stadion

“Saya kira apa yang kita lakukan terserah pada kita, apakah kita benar-benar mau mendapatkan hasil bagus dan memang bekerja keras untuk itu,” ujar Pluim.

“Yang kita lakukan harus fokus dan betul-betul siap memberikan untuk pertandingan tentu saja kita butuh dukungan dari suporter kita,” tandas Pluim.
(MAN)
Berita Terkait
PT Vale Kolaborasi  PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
Sports
PT Vale Kolaborasi PSM Gelar Talent Scouting dan Coaching Clinic di Luwu Timur
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) berkolaborasi PSM Makassar mengadakan Talent Scouting dan Coaching Clinic untuk para talenta muda se-Luwu Timur di Lapangan Persesos sejak 7 sampai 9 Juni 2024. Program ini sebagai wujud komitmen dalam mendukung pengembangan sepak bola di Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 16:20
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Sports
Dukung Sepak Bola Lutim, PT Vale & PSM Gelar Talent Scouting & Coaching Clinic
Talent Scouting dihadiri 204 peserta dari berbagai kelompok umur mulai U-16, U-18 hingga U-20. Sementara Coaching Clinic dihadiri 146 pemain Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Lutim.
Rabu, 12 Jun 2024 15:30
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Sports
Tak Dapat Lisensi Klub, PSM Makassar Tegaskan Tak Ada Hubungan Soal Finansial
Manajemen PSM Makassar menanggapi hasil Club Licensing Committee PSSI, dimana Juku Eja dinyatakan tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi klub musim 2023/2024.
Jum'at, 17 Mei 2024 19:01
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
Sports
Comeback, PSM Makassar Berhasil Taklukkan PSIS Semarang
PSM Makassar berhasil memetik tiga poin sempurna saat menjamu PSIS Semarang dalam pekan ke-31 Liga 1 2023-2024 digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Selasa (16/4/2024) malam WIB. Tim Juku Eja berhasil menang dengan skor 3-1
Selasa, 16 Apr 2024 23:38
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
News
Melihat Lebih Dekat Motor Limited & Special Edition Livery PSM, Hanya 108 Unit
Asmo Sulsel meluncurkan motor limited dan special edition livery PSM pada sepeda motor Honda Scoopy dan Honda PCX CBS.
Senin, 04 Mar 2024 11:35
Berita Terbaru