Kantor Imigrasi Polman Rampungkan Layanan Paspor Calon Jemaah Haji 2025

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 25 Okt 2024 07:11
Kantor Imigrasi Polman Rampungkan Layanan Paspor Calon Jemaah Haji 2025
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman telah menyelesaikan layanan permohonan paspor untuk CJH Kabupaten Polman yang akan berangkat haji pada 2025 M/1446 H. Foto/Dok Imigrasi Polman
Comment
Share
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) telah menyelesaikan layanan permohonan paspor untuk CJH Kabupaten Polman yang akan berangkat haji pada 2025 M/1446 H.

Paspor para CJH telah diserahkan kepada pihak Kantor Kementerian Agama Polman pada Rabu (23/10).

Layanan paspor bagi CJH Polman dimulai sejak 1 Oktober 2024, dan sebanyak 322 orang jamaah telah dilayani. Pelayanan dilakukan secara bertahap, dengan Kantor Imigrasi Polman melayani sekitar 20 hingga 30 orang CJH setiap hari.

Jamaah dibagi berdasarkan asal kecamatannya. Meskipun pelayanan awalnya direncanakan selesai pada 15 Oktober 2024, waktu tersebut diperpanjang hingga 16 Oktober 2024 untuk mengakomodasi CJH yang belum sempat datang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Polman, Manju, menyebutkan mereka telah menyiapkan sebanyak 410 CJH untuk keberangkatan Tahun 2025.

“Insyaallah kita persiapkan untuk pengurusan paspor itu sebanyak 410 orang. Karena sudah ada beberapa jamaah haji yang telah mengurus paspor pada tahun sebelumnya,” ucap Manju.

Kantor Imigrasi Polman Rampungkan Layanan Paspor Calon Jemaah Haji 2025

Dari total 550 calon jamaah haji Polman Tahun 2025 M/1446 H, sebanyak 140 orang sudah memiliki paspor yang masih berlaku, sementara 322 orang telah dilayani oleh Kanim Polman. Sekitar 98 orang CJH masih belum mengurus paspor karena berbagai alasan.

Kantor Imigrasi Polman dan Kemenag Polman akan mencari solusi untuk melayani CJH yang belum mendapatkan paspor, terutama mengingat kebanyakan dari mereka sudah berusia lanjut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman, Adithia P. Barus, mengungkapkan bahwa penyelesaian paspor CJH akan mendapat perhatian khusus.

“Kami sudah mendapat laporan terkait proses permohonan paspor CJH Tahun 2025 ini. Saya akan menginstruksikan jajaran agar dapat berkoordinasi dengan pihak Kemenag supaya tidak ada masalah di kemudian hari bagi para CJH,” jelas Adithia.

Ia juga berpesan kepada CJH Kabupaten Polman untuk menjaga paspor mereka dengan baik hingga saat keberangkatan ke tanah suci.

“Kepada para Jamaah Haji Kabupaten Polman, selamat menunaikan Ibadah Haji. Mudah-mudahan prosesnya lancar dan selalu sehat di sana, hingga dapat kembali ke tanah air untuk berkumpul bersama keluarga,” tutup Adithia.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru