Road Show Ramadan Relawan PHS Berakhir di Perbatasan Sulteng

Tim Sindomakassar
Sabtu, 15 Apr 2023 22:14
Road Show Ramadan Relawan PHS Berakhir di Perbatasan Sulteng
Road Show Ramadan 1444 Hijriah yang dilaksanakan oleh Relawan Prof Husain Syam (PHS), akhirnya tiba di ujung Utara Sulawesi Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAMUJU - Road Show Ramadan 1444 Hijriah yang dilaksanakan oleh Relawan Prof Husain Syam (PHS), akhirnya tiba di Kecamatan Sarjo di ujung Utara Sulawesi Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala, Sulteng, Sabtu, (15/04/2023).

Lokasi ini merupakan titik akhir dari pelaksanaan Road Show Ramadan Tim PHS yang tahun ini dimulai di daerah Paku di Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Pinrang Sulsel pada tanggal 27 Maret 2023 lalu.



Koordinator Relawan Prof Husain Syam, Maulana Yusdianto menjelaskan bahwa, total jarak yang ditempuh para relawan sekitar 528 Km. "Alhamdulillah, berkat support semua pihak, tahun ini kami berhasil memecahkan rekor tahun sebelumnya," terang Maulana, Sabtu (15/4/2023).

Pada pelaksanaan Road Show Ramadan tahun lalu, Tim PHS berhasil membersihkan sebanyak 212 masjid. "Tahun ini Alhamdulillah 270 masjid yang berhasil kami sambangi dan bersihkan," tambahnya.

Para relawan PHS memulai kegiatan Amaliyah Ramadan tahun ini di Masjid Babussalam di Dusun Dongi, Desa Paku, Kecamatan Binuang, Sulawesi Barat, dan berakhir di Masjid Al Muhajirin, Dusun Rojo, Desa Sarude Kecamatan Sarjo, Sulawesi Barat.

"Kecamatan Sarjo ini adalah daerah paling ujung di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat yang berbatasan dengan Suremana di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah," paparnya.

Maulana Yusdianto mengungkapkan bahwa, terus berlanjutnya kegiatan Amaliyah Ramadan yang tahun ini telah memasuki pelaksanaan ketiga kalinya itu, karena melihat respon dari masyarakat Sulawesi Barat.



"Masyarakat berharap kami terus lanjut. Doakan kami semoga tahun depan bisa kembali turun ke jalan untuk menyambangi dan membersihkan semua masjid di sepanjang Sulawesi Barat," kata pria yang akrab disapa Lana itu.

Selain fokus pada penyaluran sembako dan baju koko buat para imam masjid, guru mengaji dan penjaga masjid, Road Show Ramadan tahun ini tambahnya, juga tetap menitikberatkan pada kegiatan bagi takjil dan bersih masjid. Lana mengatakan, "Selain membersihkan karpet-karpet masjid, kami juga membersihkan tempat wudhu hingga toilet di setiap masjid yang kami datangi," katanya.

Road Show Ramadhan Prof Husain Syam (PHS) adalah kegiatan yang diprakarsai oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Husain Syam.

Kegiatan ini bertujuan agar umat Islam, khususnya di Provinsi Sulbar bisa lebih khusyuk beribadah saat Ramadan.

Relawan Prof Husain Syam adalah wadah bagi para relawan kemanusiaan yang dibentuk oleh Prof Husain Syam untuk misi kemanusiaan dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Prof Husain Syam menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut murni amaliah ramadhan. Rektor UNM itu pun menambahkan bahwa Road Show Ramadhan merupakan kegiatan tahunan yang melibatkan para relawan yang didominasi kalangan generasi muda.

"Insyaallah akan tetap kita lanjutkan. Kegiatan ini tetap kita fokuskan pada aksi bersih masjid, penyaluran sembako buat para imam masjid, guru mengaji dan penjaga masjid," jelas Prof Husain Syam.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru