Wisuda UIN Alauddin, Prof Hamdan: Jadilah Sarjana Merdeka

Luqman Zainuddin
Selasa, 13 Agu 2024 20:37
Wisuda UIN Alauddin, Prof Hamdan: Jadilah Sarjana Merdeka
Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis memberi sambutan pada acara wisuda. Foto: Humas UIN Alauddin Makassar
Comment
Share
GOWA - Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis meminta para alumni agar menjadi sosok yang merdeka, memiliki kemandirian dalam hal ekonomi dan pikiran.

Prof Hamdan menyampaikan pesan tersebut saat memberikan sambutan pada Sidang Senat Terbuka Luar Biasa Wisuda Progam Sarjana, Magister, dan Doktor angkatan 105 di Gedung Auditorium, Kampus II, Selasa (13/8/2024).

"Jadilah sarjana merdeka. Sarjana merdeka adalah sarjana yang memiliki kemandirian. Mandiri secara ekonomi dan mandiri secara pikiran," kata Prof Hamdan.

Setelah diwisuda hari ini kata Rektor, alumni tidak lagi boleh tergantung secara ekonomi kepada orang tua. Oleh karena itu, ia meminta para orang tua memutus "subsidi" kepada anak-anaknya agar memberi kesempatan mereka menjadi sarjana merdeka.



"Kita tidak ingin ada sarjana racikan UIN Alauddin yang tidak bisa mandiri," katanya.

"Dari kecil disekolahkan, besar dikuliahkan, dinikahkan, sampai punya anak. Dirinya dan anak masih tergantung ke orang tua, itu namanya bukan sarjana merdeka, tapi layaknya disebut sarjana benalu," sambung Rektor lagi.

Selain pada aspek ekonomi, Rektor meminta alumni merdeka secara pemikiran.

"Jangan setelah sarjana pikirannya hanya tertuju pada satu pekerjaan, selalu mau jadi ASN, padahal kehidupan ini begitu luas, bisa jadi businessman, politisi, bisa jadi sultan. Itu contoh yang memiliki kemandirian," beber Rektor.



Pesan kedua, Rektor meminta alumni menjadi sosok yang berkarakter dalam kehidupan sosial. Agar menjadi sosok tersebut, alumni ia sarankan mengikuti pola pikir srigala.

"Bila ingin menjadi sosok berkarakter, jangan ikuti mindest anjing, menerima siapa saja yang menjadi pelatih dan tuannya. Tidak peduli jika tuannya memiliki sifat yang baik dan buruk," sebut Prof Hamdan.

"Belajarlah pada mindset srigala. Tidak punya tuan, hanya patuh pada srigala alfa, yang dipilih oleh kawanan, itupun setelah dia menunjukkan tanggung jawabnya terlebih dahulu," pungkas Rektor.

Pada Wisuda Angkatan 105, UIN Alauddin Makassar mengukuhkan 753 orang alumni. Mereka berasal dari delapan fakultas dan program pascasarjana S2 dan S3.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru