Koalisi Gemuk 16 Partai Usung Chaidir-Suhartina, Siap Lawan Kotak Kosong

Najmi S Limonu
Senin, 26 Agu 2024 18:36
Koalisi Gemuk 16 Partai Usung Chaidir-Suhartina, Siap Lawan Kotak Kosong
Partai Gerindra menyerahkan dukungan model B1 KWK kepada pasangan AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari yang akan bertarung di Pilkada Maros. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bersama Partai Golkar menjadi dua Partai terakhir yang menyerahkan dukungan kepada AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari di Pilkada Maros.

Penyerahan dukungan model B1 KWK dua partai tersebut dilakukan secara terpisah. Partai Gerindra menyerahkan dukungannya di Jakarta melalui Ketua DPW Sulsel Irwan Aras ke Chaidir Syam.

Sementara B1 KWK dari Partai Beringin diserahkan di Kota Makassar oleh Sekretaris AMPG Sulsel Zulham Arif kepada Suhartina Bohari yang juga merupakan Ketua DPD 2 Golkar Maros.

"Total partai yang mendukung itu semuanya ada 16 termasuk non parlemen. Terakhir ini Gerindra 3 Kursi dan Golkar 6 kursi," kata Chaidir, Senin (26/8/2024).

Chaidir melanjutkan, dari semua Partai Politik yang ikut dalam Pemilu lalu, hanya Partai Ummat dan Partai Garuda yang tidak memberikan dukungannya.

Kedua partai non parlemen itu, kata Chaidir tidak diketahui pengurusnya di daerah. Sampai saat ini pun tidak ada komunikasi dengan Tim Maros Keren.

"Jadi hanya dua itu saja, selain itu semua sudah memberikan surat dukungannya ke kami. Iya karena dari awal tidak ada komunikasi dan kita tidak tahu siapa pengurusnya," paparnya.

Sementara itu, Suhartina Bohari menjelaskan terkait keterlambatan partainya mengeluarkan surat dukungan B1 KWK kepada dirinya.

Menurutnya, keterlambatan itu disebabkan adanya perubahan kepemimpinan di tubuh Golkar pasca pengunduran diri Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum.

"Yah kita tahu bagaimana dinamika di Partai Golkar akhir-akhir ini di tingkat pusat. Nah penyebabnya itu sehingga memang dukungan itu di last minute," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa posisi partai Golkar yang ia pimpin di Maros mampu mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada sesuai putusan MK. Namun, komitmennya untuk tetap bersama Chaidir Syam tidak tergoyahkan.

"Yah kan sejak awal kami sudah berkomitmen dan itu selalu kami jaga dengan baik. Kami berharap Maros akan jauh lebih baik kedepannya dengan komitmen ini," ujarnya.

Rencananya, pasangan Chaidir-Suhartina akan melakukan deklarasi sekaligus pendaftaran pada hari Rabu 28 Agustus mendatang di lapangan Bank Sulselbar.

Dengan kondisi ini maka bisa dipastikan, pasangan petahana ini akan menghadapi kolom kosong pada Pilkada 2024 yang digelar November mendatang.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru