Upaya Pendidikan Pemilih Pemula, KPU Sulsel Gelar Debat Pilkada Antar Pelajar

Ahmad Muhaimin
Kamis, 12 Sep 2024 08:54
Upaya Pendidikan Pemilih Pemula, KPU Sulsel Gelar Debat Pilkada Antar Pelajar
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan kegiatan kompetisi debat pelajar antar pelajar se-Sulsel. Foto: Dok KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan kegiatan kompetisi debat pelajar antar pelajar se-Sulsel. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Claro Makassar dan selama 3 hari sejak tanggal 9 sampai 11 September 2024.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 96 peserta dan guru pendamping yang berasal dari 24 tim perwakilan sekolah yang sebelumnya telah berkompetisi di tingkat kabupaten kota.

Mereka adalah peserta yang berhasil menjurai Debat Pilkada Antar Pelajar sehingga berhak mengikuti kompetisi yang sama tingkat Provinsi.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pendidikan pemilih pemula, khususnya Gen Z yang memiliki persentase tertinggi pada pilkada nanti.

"Dan juga untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 menuju pemungutan suara pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur, Bupati & Wakil Bupati, serta Walikota & Wakil Walikota yang akan digelar pada 27 November mendatang," katanya.

Husain menuturkan, kompetisi debat antar pelajar se-Sulawesi Selatan terlaksana dengan kolaborasi antara KPU Sulsel dengan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin.

"Debat merupakan ajang pertukaran ide dan gagasan untuk melahirkan sebuah solusi yang dapat diimplementasikan untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis," ujarnya.

SMA Negeri 1 Bone yang mewakili Kabupaten Bone berhasil meraih juara pertama pada kompetisi tersebut dengan mosi pada babak final Politik Identitas dalam Pemilihan Kepala Daerah.

Mereka mengalahkan SMA Negeri 17 Makassar yang meraih juara kedua. Sedangkan juara 3 diraih oleh SMA Negeri 7 Pinrang dan juara 4 berhasil diraih oleh SMA Negeri 12 Luwu.

Adapun pembicara terbaik atas nama Surya Saputra asal Pinrang dan Zakiah Izzati dari Makassar yang dinobatkan sebagai Duta Pilkada Putra/i KPU Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru