YPS Luncurkan Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional untuk Hadapi Era Digital

Tim Sindomakassar
Jum'at, 13 Sep 2024 13:32
YPS Luncurkan Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional untuk Hadapi Era Digital
Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS), yang bernaung di bawah PT Vale resmi meluncurkan Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional (SU-BI) pada Selasa (10/9/2024) lalu. Foto/Dok PT Vale
Comment
Share
SOROWAKO - Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS), yang bernaung di bawah PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), resmi meluncurkan Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional (SU-BI) pada Selasa (10/9/2024) lalu.

Dalam menghadapi era digital yang berkembang pesat, dunia pendidikan menghadapi tantangan kompleks. Laporan terbaru UNESCO 2023 menunjukkan bahwa 61% sekolah di negara-negara berkembang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kurikulum mereka.

Sementara itu, World Economic Forum 2024 mengungkapkan bahwa hanya 20% tenaga pendidik di seluruh dunia merasa siap untuk mengadaptasi metode pengajaran baru yang didorong oleh kemajuan teknologi.

Peluncuran program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh unit sekolah umum YPS, mulai dari TK hingga SMA, tetapi juga sebagai komitmen YPS untuk menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan tuntutan global.

Ketua Yayasan YPS, Firman Fauzie, menjelaskan bahwa Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional berbeda karena pendekatannya yang mendalam terhadap proses pendidikan.

“Sekolah unggulan ini berbeda dengan lainnya karena memfokuskan pada proses pendidikan yang komprehensif. Kami telah menyusun grand desain yang terperinci untuk memastikan kualitas pendidikan yang optimal,” jelasnya.

Firman Fauzie menuturkan bahwa program ini mengutamakan beberapa aspek kunci, seperti peningkatan kualitas SDM atau tenaga pendidik, penyusunan kurikulum bertaraf internasional, dan sistem evaluasi yang unggul.

Selain itu, YPS juga akan memperkenalkan ekstrakurikuler baru untuk mendukung pengembangan minat dan bakat siswa. Termasuk klub bahasa dan kebudayaan, model united nations (MUN), klub debat, klub jurnalis dan media, program pertukaran pelajar dan studi luar negeri, serta klub tari dan teater.

Fasilitas pembelajaran modern berbasis teknologi juga telah dikembangkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Termasuk aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) dan penguasaan bahasa asing, akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan siap menghadapi persaingan global.

Fauzie menambahkan, pihaknya berharap peluncuran program ini akan menghadirkan semangat baru bagi YPS. “Kami juga berharap dampak positifnya akan dirasakan tidak hanya oleh PT Vale, tetapi juga oleh masyarakat Kabupaten Luwu Timur secara umum,” imbuhnya.

Direktur & Chief Human Capital Officer (CHCO) PT Vale, Adriansyah Chaniago, menekankan bahwa peluncuran Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap pendidikan berkualitas dan masa depan.

“Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademik, pengembangan karakter, dan kemampuan bersaing secara global. Kami percaya bahwa program ini akan mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter unggul dan daya saing internasional," ungkap Adriansyah.

Bupati Luwu Timur, Budiman, menyatakan dukungannya terhadap program ini. Program ini merupakan kesempatan emas bagi masyarakat Luwu Timur untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. "Kami yakin ini akan menjadi role model bagi sekolah-sekolah lain di Luwu Timur dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di daerah kami," ujarnya.

Peluncuran Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional oleh Yayasan Pendidikan Sorowako adalah langkah strategis yang menggambarkan komitmen mendalam PT Vale terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. Ini adalah wujud nyata dari dedikasi perusahaan untuk menciptakan generasi masa depan yang unggul dalam aspek akademik dan memiliki karakter yang kuat serta kemampuan bersaing di tingkat global.

“Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional ini menjadi salah satu harapan bagi Pemerintah Luwu Timur, dan kami mendukung YPS yang bisa mewujudkan itu. Kami meyakini bahwa program ini akan meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia di Luwu Timur,” jelasnya.

Dengan adanya Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional, YPS tidak hanya berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan daerah secara keseluruhan. Inisiatif ini menegaskan bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi dalam masa depan bangsa.

Pada kesempatan ini, dilakukan pula penyerahan naskah akademik secara simbolis oleh Founder YPS, Gustaf Ganna Songgo, kepada Bupati Luwu Timur, Budiman. Budiman berharap, melalui upaya ini pendidikan di Luwu Timur dan sekitarnya akan mengalami transformasi signifikan, menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dengan percaya diri dan kompetensi tinggi.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru