Emak-emak Cabodo Minta Ilham Azikin Lanjutkan Program Seragam Sekolah Gratis di Bantaeng

Tim Sindomakassar
Jum'at, 27 Sep 2024 12:41
Emak-emak Cabodo Minta Ilham Azikin Lanjutkan Program Seragam Sekolah Gratis di Bantaeng
Emak-emak di Kampung Cabodo misalnya, kompak meminta agar program seragam sekolah gratis kembali dijalankan oleh cabup 02 Ilham Azikin (IAKAN) jika menang Pilbup Bantaeng. Foto: Istimewa
Comment
Share
BANTAENG - Program seragam sekolah gratis yang diinisiasi Bupati Ilham Azikin dan sudah dijalankan selama lima tahun di Bantaeng, rupanya masih menjadi kebutuhan ibu-ibu dan seluruh keluarga di Butta Toa.

Emak-emak di Kampung Cabodo misalnya, kompak meminta agar program seragam sekolah gratis kembali dijalankan oleh cabup 02 Ilham Azikin (IAKAN) jika menang Pilbup Bantaeng.

Program seragam sekolah gratis adalah program yang digagas dan dicanangkan oleh DR Ilham Azikin saat menjabat Bupati Bantaeng periode 2018-2023. Selama lima tahun, warga dan seluruh siswa-siswi di Bantaeng sudah merasakan manfaat program seragam gratis itu.

Setiap murid yang baru masuk sekolah, mulai dari TK hingga SMP mendapat seragam gratis dari Pemkab Bantaeng. Seragam lengkap mulai dari topi, baju dan celana, termasuk pakaian pramuka dan olahraga. Bahkan mereka juga mendapatkan sepatu dan tas sekolah.

"Kalau dihitung-hitung, ibu-ibu di rumah bisa hemat sampai jutaan rupiah karena seragam sekolah gratis. Itu baru untuk satu anak. Bagaimana mi saya yang dua anakku sekolah semua," kata Misra, salah seorang ibu rumah tangga di sela-sela kampanye Ilham Azikin dan Kanita M Kahfi, di Kampung Cabodo.

Hal yang sama diungkapkan oleh Baeda, ibu rumah tangga yang anaknya sekolah di SD 21 Cabodo. Baeda mengaku sangat terbantu dengan program seragam sekolah gratis, karena dia hanya bekerja sebagai petani rumput laut mengaku senang program itu bisa meringankan beban keluarganya.

"Kalau yang kerja seperti saya ini, pasti mi sangat membebani itu biaya seragam sekolah. Program Pak Bupati Ilham sangat meringan beban keluarga saya," kata Baeda.

Misra dan Baeda kompak meminta agar seragam sekolah gratis bisa dijalankan kembali di Bantaeng, karena para murid sekolah tahun ajaran baru 2024 ini tidak lagi mendapatkan seragam sekolah gratis karena DR Ilham Azikin sudah tidak menjabat bupati.

"Semoga periode depan Pak Ilham kembali terpilih, jadi seragam gratis ada lagi. Saya dan semua ibu-ibu akan mencoblos 02 Ilham-Kanita biar semua anak-anak sekolah di Bantaeng dapat seragam gratis," kata Misra.

Sementara itu, calon Wakil Bupati Bantaeng, Nurkanita M Kahfi, memastikan program seragam sekolah gratis untuk tingkat TK sampai SMP akan kembali hadir jika dia dan Ilham Azikin kembali terpilih. Kanita bahkan menegaskan program seragam gratis akan diperluas hingga siswa-siswi tingkat SMA dan sederajat.

Menurut Acce, semua program bantuan dari pemerintah tidak datang begitu saja. Program seragam sekolah gratis datang berkat kebijakan politik yang diambil oleh pemimpin daerah. Kebijakan program seragam sekolah gratis Bupati Ilham Azikin bahkan sudah dicontoh oleh Pemprov Sulsel untuk dijalankan.

"Selama ini yang sudah dirasakan manfaatnya, belum tentu bisa sampai ke rumah ibu-ibu kalau bukan karena kebijakan politik Pak Bupati Ilham saat itu," kata Acce.

Calon Bupati Bantaeng 02, Ilham Azikin memastikan sektor pendidikan akan terus menjadi prioritas pasangan calon 02, DR Ilham Azikin bersama Nurkanita M Kahfi. Dia mempertegas pernyataan Acce, bahwa program seragam sekolah gratis akan dikembangkan hingga tingkat SMA.

"Ibu-ibu sudah terbantu program perlengkapan sekolah gratis. Tidak perlu berkurang uang belanjanya," kata Cabup Ilham Azikin.

Kabar baiknya bagi warga Bataeng, paslon 02 Ilham Azikin dan Kanita juga bakal menjalankan program kuliah gratis, jika diberi amanah warga Bantaeng untuk menjadi bupati dan wakil bupati.

Ilham Azikin berharap, bakal lahir banyak sarjana dari Kampung Cabodo dan kampung-kampung lain di seluruh Bantaeng yang ke depan akan menjadi orang-orang berpendidikan yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga Bantaeng.

"Kalau pendidikan dan kesehatan masyarakat Cabodo terjaga. Saya percaya, kalau 10 atau 20 tahun ke depan, bakal ada anak Cabodo yang menjadi pemimpin di Bantaeng ini," kata Ilham yang disambut riuh tepuk-tangan ibu-ibu dan para hadirin
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru