Membanggakan, Mahasiswa Polipangkep Juara Lomba News Writer PC Fest 2024

Luqman Zainuddin
Sabtu, 28 Sep 2024 19:59
Membanggakan, Mahasiswa Polipangkep Juara Lomba News Writer PC Fest 2024
Afifah Azima, mahasiswa dari program studi Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan (P2HP) Polipangkep. Foto: Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) meraih prestasi membanggakan dalam ajang Polytechnic Creative Festival (PC Fest) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Jakarta, 24-26 September 2024.

Afifah Azima, mahasiswa dari program studi Pengolahan dan Penyimpanan Hasil Perikanan (P2HP), berhasil meraih juara II dalam kompetisi News Writer dengan kategori tema berita.

Afifah merupakan salah satu mahasiswa yang tergabung dalam tim Kontributor Humas Polipangkep yang bertugas untuk meliput kegiatan-kegiatan penting di kampus tersebut.

Dari pengalamannya sebagai kontributor, Afifah telah menulis berbagai berita yang dimuat dalam laman Polipangkep. Prestasi ini bisa dicapai berkat kepiawaian Afifah dalam melihat tema berita yang menarik dari pengalamannya meliput bersama Tim Kontributor dan Humas Polipangkep.

Selaku dosen pembimbing yang mendampingi Afifah dalam ajang tersebut, Eka Aprilya Handayani, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa ajang lomba News Writer ini tidak mudah.

“Mahasiswa peserta lomba harus berpikir cepat dan peka terhadap hal-hal unik yang bisa diangkat dalam penulisan soft news karena peserta dibawa langsung oleh panitia ke Tugu Kujang Bogor untuk meliput,” beber Eka.

“Afifah berhasil mengangkat tema mengenai Klenteng sebagai Cagar Budaya dan menulis hal-hal menarik yang ditemui dari kehadiran Klenteng yang telah berdiri selama puluhan tahun,” sambung Eka.

Masih menurut Eka, Afifah berhasil menemukan bahan berita dan meramunya menjadi tulisan soft news yang sesuai dengan tema PC Fest 2024, yaitu Nusantara Berkarya.

Cuaca Bogor yang hujan deras saat itu tidak menyurutkan semangat Afifah untuk meliput dan menemui penjaga Klenteng serta beberapa masyarakat sekitar untuk mengumpulkan informasi.

Wakil Direktur (Wadir) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Polipangkep, Nur Rahmawaty Arma, M.Sc., Ph.D. mengungkapkan apresiasi kepada mahasiswa dan dosen pembimbing yang memberikan arahan selama persiapan dan kompetisi.

Wadir III Polipangkep juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan sivitas akademika Polipangkep yang selalu memberikan dukungan.

Juga kepada Bakorma (Badan Koordinasi Kemahasiswaan) Politeknik se-Indonesia yang telah menyelenggarakan PC Fest 2024 dengan Politeknik Negeri Jakarta selaku penyelenggara.

Juri dalam lomba News Writer PC Fest 2024 ini merupakan para praktisi yang telah memiliki jam terbang selama puluhan tahun di bidang Jurnalistik, yaitu Rita Sri Hastuti dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), Azhmy Fawzy dosen Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ, dan Dr. Sri Mustika, M.Si. dari LPDS (Lembaga Pers Dr. Soetomo).

Azhmy Fawzy selaku Dewan Juri yang mengumumkan pemenang pada penutupan PC Fest mengaku takjub dan bangga dengan hasil penulisan berita para peserta, sebab kebanyakan bukan berasal dari program studi jurnalistik.

“Para pemenang dapat menulis dan menghasilkan berita yang kualitasnya setara dengan tulisan para praktisi di bidang Jurnalistik,” pungkasnya.

Keberhasilan Afifah menjuarai Lomba News Writer tidak hanya membanggakan bagi Polipangkep, tetapi juga menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berprestasi dalam berbagai bidang kreatif, termasuk penulisan kreatif, seperti jurnalistik.

Dengan pencapaian ini, Polipangkep semakin menegaskan komitmennya untuk terus berprestasi dan mengembangkan kompetensi mahasiswa di berbagai bidang.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru